Awas! Jangan Lengah Meski Kasus Covid-19 di DIY Landai

Ilustrasi. - Freepik
22 September 2021 08:37 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY meminta masyarakat untuk tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) meski kasus Covid-19 di DIY saat ini melandai. Karena jika abai bukan tidak mungkin kasus Covid-19 kembali meningkat di tengah melonggarkan aktivitas masyarakat pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) DIY level 3.

“Dengan kondisi yang makin baik ini masyarakat tetap waspada karena sewaktu-waktu kalau kita lengah bisa menjadi tambah lagi  apalagi dibukanya tempat-tempat wisata, mal dan lainnya itu bisa menjadi salah satu perantara untuk penularan makanya harus waspada untuk protokol kesehatan harus selalu dijaga,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Kompleks Kepatihan, Selasa (22/9/2021).

BACA JUGA : Pemkot Jogja Ungkap Tingginya Peminat Vaksin Moderna

Diketahui saat ini sejumlah mal di DIY sudah buka, bahkan khusus Jogja anak di bawah 12 tahun sudah boleh masuk dari sebelumnya tidak boleh. Tempat wisata yang dibuka pada masa uji coba ini juga bertambah dari tiga destinasi menjadi tujuh destinasi. Ketujuh destinasi tersebut adalah Tebing Breksi Sleman, Gembira Loka Zoo Jogja, Pinus Sari Mangunan Bantul.

Kemudian empat tambahan terbaru adalah Merapi Park Sleman, Seribu Batu Mangunan Bantul, Pinus Pengger Mangunan Bantul, dan Taman Wisata Candi Ratu Boko Sleman. Dinas Pariwisata DIY memastikan ketujuh destinasi wisata tersebut sudah mengantongi sertifikat CHSE. Dinas Pariwsiata juga mencatat terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke tiga destinasi sebelumnya dari 400-1.000 pada dua pekan lalu menjadi 3.000 pada akhir pekan lalu.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DIY, kasus Covid-19 di DIY akhir-akhir ini terus menurun atau di bawah angka seratus. Per 21 September ini tambahan kasus Covid-19 sebanyak 95 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi  154.109 kasus