Pengurus KONI Kulonprogo yang Baru Diminta Buat Inovasi di Bidang Olahraga

Bupati Kulonprogo Sutedjo saat menyaksikan proses pengukuhan 34 pengurus KONI Kulonprogo baru periode 2021 sampai dengan 2025 di GOR Cangkring pada Senin (27/9/2021). - Ist/Pemkab Kulonprogo
27 September 2021 13:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemkab Kulonprogo mendorong agar kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kulonprogo yang baru mampu membuat gebrakan dan inovasi di bidang olahraga. Pemkab sebelumnya telah melantik 34 pengurus KONI Kulonprogo baru periode 2021 sampai dengan 2025.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan pengurus KONI yang baru dilantik pada Minggu (26/9/2021) di GOR Cangkring, kapanewon Wates, Kulonprogo, dapat membuat gebrakan dan terobosan baru untuk mengevaluasi dan merencanakan program-program baru bagi kemajuan seluruh cabang olahraga di Kabupaten Kulonprogo.

"Harapannya kegiatan olahraga tetap dapat terlaksana, prestasi olahraga terus meningkat, tetapi tetap dengan penerapan protokol kesehatan, sehingga para insan olahraga selalu dalam kondisi sehat dan aman dari ancaman penularan Covid 19," kata Sutedjo pada Senin (27/9/2021).

Dikatakan Sutedjo, dalam rangka pembangunan olahraga prestasi, KONI perlu mengoptimalkan pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan mulai dari usia dini hingga berpuncak pada pembinaan usia emas (golden age).

Baca juga: Sidang Nani Satai Beracun Kembali Digelar Senin Pagi

Adapun, susunan pengurus KONI Kabupaten Kulonprogo yang baru di antaranya Djuwardi sebagai salah satu Dewan Kehormatan. Kusdir BA sebagai Ketua Umum KONI Kulonprogo. Heru Sarjana sebagai Sekretaris Umum dan Bendahara Umum dijabat oleh Sukiman.

"Dengan tersedianya sarana atau prasarana dan sumber daya manusia keolahragaan yang cukup serta mengedepankan pendekatan sport science yang tepat dan progresif. Dengan diposisikannya olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup, maka secara tidak langsung akan membuka ruang yang luas bagi munculnya bibit-bibit potensial olahragawan yang berprestasi," imbuh Sutedjo.

Bibit atlet yang memiliki potensi di wilayah kabupaten Kulonprogo selanjutnya dapat dibina dan dikembangkan menjadi atlet yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional. "Saya percaya, pengurus KONI kabupaten Kulonprogo ke depan mampu mengelola berbagai cabang olahraga yang ada di kabupaten Kulonprogo ini dengan lebih baik lagi," ujar Sutedjo.

Sementara itu, Ketua Umum KONI DIY Joko Pekik Irianto berharap pengurus baru KONI Kulonprogo mampu meningkatkan prestasi-prestasi olahraga di Kulonprogo. "Sampai saat ini prestasi keolahragaan Kulonprogo cukup baik dan terbukti banyak atlet Kulonprogo yang mewakili provinsi DIY dikancah Pekan Olahraga Nasional (PON)," kata Joko Pekik.