Advertisement

Muhammadiyah Luncurkan Universitas Siber Muhammadiyah

Sirojul Khafid
Rabu, 06 Oktober 2021 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Muhammadiyah Luncurkan Universitas Siber Muhammadiyah Haedar Nashir (tengah) dalam launching Universitas SiberMu di Kantor PP Muhammadiyah, Gondokusuman, Jogja, Rabu (6/10/2021). - Istimewa/PP Muhammadiyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meluncurkan Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu). Univeritas SiberMu telah mendapat Surat Keputusan Izin Operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengatakan Universitas SiberMu merupakan mandat negara kepada Muhammadiyah untuk mengisi ruang baru sebagai irisan dari revolusi industri 4.0. Pendirian Universitas SiberMu, lanjut Haedar, sebagai langkah konkret, dari Muhammadiyah dalam menyambut era revolusi industri 4.0.

Advertisement

BACA JUGA: Bantul Berencana Datangi Rumah Warga untuk Selesaikan Vaksinasi Covid-19

“Kami akan betul-betul menyelenggarakan universitas ini dengan saksama, dengan sistem yang baik,” kata Haedar dalam launching Universitas SiberMu di Kantor PP Muhammadiyah, Gondokusuman, Jogja, Rabu (6/10/2021).

Universitas SiberMu merupakan bagian integral dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA). Haedar berharap universitas ini dikelola dengan cara sebaik-baiknya dan modern. Hal itu sebagai tanda apabila Muhammadiyah selalu di depan dalam mewujudkan pranata modern yang bermutu, berkualitas, dan berkemajuan.

Selain itu, melalui Universitas SiberMu, dia juga berharap ada reorientasi pemahaman umum mengenai dunia siber atau dunia maya. Konsep maya sekarang bisa dirumuskan dengan sesuatu yang realitas ada.

“Yakni dengan keberadaan dunia maya kita ini, bahwa dunia digital, online, dan dunia sistem informasi yang bersifat terobosan di revolusi 4.0 ini sesungguhnya sudah merupakan realitas baru. Dan ini sekaligus juga menyertakan kita berpikir secara ontologis yang baru,” kata Haedar.

BACA JUGA: Ratusan Destinasi Wisata di Jateng Sudah Dibuka

Haedar menegaskan apabila proses perizinan Universitas Siber Muhammadiyah sesuai jalur yang ada. Prosesnya cukup panjang dengan menempuh jalur resmi, legal, objektif, dan mengikuti sistem. “Kami Muhammadiyah tidak terbiasa instan dan menerabas. Ini sebagai bentuk kami mengedukasi masyarakat dan bangsa ini bahwa Indonesia tegak baik sebagai state, maupun sebagai nation,” katanya.

Universitas SiberMu yang berada di kawasan Wirobrajan, Jogja menawarkan berbagai jurusan yaitu Akuntansi, Administrasi Kesehatan, Hukum, Informatika, Manajemen, dan Sistem Informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement