Meravi CS Academy Jawab Tantangan Kebutuhan Customer Service Online

Launcing Meravi CS Academy di Jalan Solo-Jogja No.97, Maguwuharjo, Depok, Sleman, Kamis (7/10/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak.
08 Oktober 2021 06:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kebutuhan customer service (CS) ke depan diperkirakan akan terus bertambah seiring penambahan jumlah perusahaan rintisan (start-up) di Indonesia. Sejumlah start-up yang ada tak sedikit yang sukses (Unicorn) sehingga membutuhkan banyak CS online.

Direktur Utama Syncore Indonesia, Niza Wibyana Tito mengatakan saat ini paling tidak ada tujuh Unicorn dan hingga tahun 2025 mendatang dipekirakan akan ada 20 Unicorn di Indonesia. Keberadaan Unicorn ini akan menambah kebutuhan CS Online. 

"Ketika sudah ada 100.000 user aktif harian, maka kurang lebih yang dibutuhkan sebanyak 100 CS Online," katanya di sela peresmian Meravi CS Academy di Jalan Solo-Jogja No.9,7, Karangploso, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Kamis (7/10/2021).

Sayangnya selama ini, kata Niza, belum ada satupun program studi atau jurusan yang spesifik mencetak lulusan untuk menjadi CS yang handal. "Untuk itu Meravi Academy dengan konsorsium 86 Perguruan Tinggi menghadirkan program pengayaan lulusan untuk peningkatan Kecakapan digital (digital skills traning ) yang kami sebut Meravi CS Academy," katanya.

Direktur Operasional dan Kemitraan Syncore Indonesia Diana Septi A mengatakan saat pandemi menghantam muncul banyak kebutuhan untuk merelokasi CS Online ini ke daerah mengingat Jakarta waktu itu yang pertama di lock down.

"Masalahnya, ketersediaan SDM di daerah yang siap menjadi CS Online, kurang mendukung. Di sini, Meravi CS Academy hadir untuk menjawab tantangan tersebut," kata Diana.

Apalagi jika melihat perkembangan user base Start Up dan Unicorn yang tumbuh pesat maka diperkirakan tahun depan akan ada kebutuhan sekitar 30.000 CS Online. Hal ini didasarkan satu user bisa mengakses beberapa aplikasi secara aktif dalam satu hari.

"Untuk itu, Meravi CS Academy membuka pelatihan untuk menjadi CS yang andal. Pelatihan di Meravi CS Academy dilaksanakan dua hari untuk satu batch. Agar pembelajaran maksimal maka dalam satu batch hanya diikuti 10 orang," katanya.

Kegiatan pelatihan di masa PPKM level 3 juga digelar secara online. Ada beberapa paket yang bisa dipilih oleh peserta. Tidak hanya itu, Meravi CS Academy juga dapat membantu alumni untuk langsung bekerja di startup jejaring Meravi. 

"Untuk tiga angkatan pertama setelah lauching Meravi CS Academy ini kami tidak menarik biaya. Jadi ini menjadi kesempatan bagi masyarakat," katanya.