Advertisement

PMI Luncurkan 2 Juta Vaksinasi bagi Indonesia, DIY Dapat Jatah 50.000 Dosis

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 09 Oktober 2021 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
PMI Luncurkan 2 Juta Vaksinasi bagi Indonesia, DIY Dapat Jatah 50.000 Dosis Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Palang Merah Indonesia (PMI) meresmikan program "2 Juta Vaksinasi bagi Indonesia" untuk membantu pemerintah dalam program nasional vaksinasi Covid-19.

Peluncuran program ini dibuka secara langsung oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa serta Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo di Gedung Kaca, Kompleks Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, Sabtu (9/10/2021).

Advertisement

Menurut Jusuf Kalla, upaya vaksinasi Covid-19 sangat penting. Selain memulihkan kondisi kesehatan yakni dengan mencapai kekebalan komunal atau herd immunity, vaksinasi juga memulihkan kondisi ekonomi masyarakat yang sempat turun selama masa pandemi Covid-19. 

Untuk itu ia mendorong PMI seluruh Indonesia di semua tingkatan, baik dari PMI Provinsi, Kabupaten/Kota, sampai kecamatan bersama Fasilitas Kesehatan PMI seperti rumah sakit, klinik dan Unit Donor Darah/UDD PMI untuk bergerak secara simultan melaksanakan vaksinasi.

Sementara itu, Pengurus Pusat PMI, Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial, Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M.Kes menambahkan, melalui inisiatif dan kolaborasi lokal saat ini PMI telah menjangkau 857.206 orang di seluruh Indonesia.

Baca juga: GBPH Prabukusumo Kembali Jabat Ketua PMI DIY

“PMI sebagai mitra pemerintah tentu ingin berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat Indonesia, dengan alokasi khusus dari Kementerian Kesehatan sebanyak 2 juta vaksin,” Kata Fachmi.

“Untuk mendukung alokasi khusus ini, PMI bekerja sama dengan Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan, melatih 2.356 tenaga vaksinator PMI di seluruh Indonesia.” Tambah Fachmi, Sabtu.

Sebagai perwakilan pimpinan pemerintah daerah, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa berterima kasih kepada PMI yang sudah membantu pemerintah dalam upaya pelaksanaan 2 juta vaksin bagi Indonesia. "Kami sangat berterima kasih kepada PMI, yang selalu membantu pemerintah dalam melakukan tugas kemanusiaan bagi masyarakat, " jelasnya.

Tetap Patuhi Prokes

Melalui program 2 Juta Vaksinasi bagi Indonesia ini, Kabupaten Sleman mendapat jatah 3.500 dosis vaksin. Sementara untuk seluruh DIY 50.000 dosis.

Ketua PMI Provinsi DIY, GBPH Prabukusumo atau Gusti Prabu berharap, masyarakat DIY bisa melakukan vaksinasi tanpa rasa takut. "Jadi saya imbau kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi tanpa terpengaruh hoaks yang beredar. Dan dalam kegiatan ini, vaksinasi yang dilakukan menerapkan protokol kesehatan, dan setelah vaksinasi masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan," jelas Gusti Prabu.

Dalam peresmian ini, hadir pula 34 PMI Provinsi di seluruh Indonesia secara daring dan juga perwakilan PMI yang melaksanakan vaksinasi secara bersamaan dengan peresmian di Jogja, yaitu PMI Provinsi Aceh, Lampung, Gorontalo dan Kalimantan Barat. Hadir juga mitra gerakan PMI delegasi Indonesia dari IFRC, ICRC, Palang Merah Australia, Palang Merah Amerika, dan Palang Merah Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement