Advertisement

Pemkab Sleman-Polda DIY Perkuat Kerjasama Pemanfaatan CCTV untuk Kamtibmas

Abdul Hamied Razak
Selasa, 12 Oktober 2021 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkab Sleman-Polda DIY Perkuat Kerjasama Pemanfaatan CCTV untuk Kamtibmas Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pemkab Sleman menandatangani Nota Kesepakatan bersama Kepolisian Daerah (Polda) DIY terkait Sinergitas Pemanfaatan Insfrastruktur Closed-Circuit Television (CCTV) milik Pemkab. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman, Eka Suryo Prihantoro mengatakan penandatanganan nota kesepatakan ini sebagai pedoman dan bentuk sinergisitas dalam melaksanakan kebijakan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah DIY, khususnya di Sleman.

Advertisement

"Kesepakatan ini dilengkapi dengan rencana kerja yang menjadi landasan operasional bagi pihak Polda DIY dan Pemkab Sleman,” ujarnya disela kegiatan yang digelar secara virtual zoom meeting di Sleman Smart Room, Senin (11/10/2021).

Eka menyebutkan, saat ini jumlah CCTV yang dikelola oleh Diskomimfo Sleman sebanyak 482 unit di mana 113 di antaranya dimanfaatkan untuk pemantauan di jalan umum. "CCTV yang dimiliki oleh Pemkab ini sebenarnya juga telah dimanfaatkan oleh Polda DIY dan Polres Sleman untuk memantau kondisi lalu lintas," tambah Eka.

Baca juga: Sekolah Dasar di Sleman Sudah Dibuka

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan nota kesepakatan ini sebagai bentuk kerja sama untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta untuk mencegah, mengungkap, dan menindak para pelaku kriminal dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Dengan kerja sama ini akan terwujud sinergitas pelaksanaan kebijakan dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan pencegahan, pengungkapan dan tindakan hukum terhadap pelanggar atau pelaku kriminalitas,” ujar Kustini.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Polda DIY Kombes Pol P. Yugonarko mengatakan sistem ini terintegrasi antara Polda DIY, Polres dan Pemkab Sleman. Menurutnya, CCTV ini dapat memonitoring kegiatan masyarakat berskala besar dan kejahatan yang ada di wilayah Sleman.

Dia berharap dengan adanya kerja sama ini dapat menjadikan wilayah Sleman lebih aman dan tenteram, serta kasus kejahatan bisa ditekan. "Pemanfaatan CCTV ini sangat membantu tugas Polri di lapangan, terutama mengusut kasus kejahatan di jalan. Kemudian dengan CCTV ini kita bisa monitoring agenda-agenda masyarkat yang berskala besar seperti contoh yang selalu dilakukan seperti gejayan memanggil dan demo," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Serang Israel, Korea Selatan Keluarkan Peringatan Perjalanan

News
| Selasa, 16 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement