Sekolah Dasar di Sleman Sudah Dibuka

Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
11 Oktober 2021 21:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Sleman mulai melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Pelaksanaan PTM untuk jenjang SD dilaksanakan bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana mengatakan untuk tahap pertama sebanyak 85 SD mulai melakukan kegiatan PTM. Pelaksanaan PTM tingkat SD tidak dilakukan secara serentak namun hanya dilaksanakan persampel. "Masing-masing per kapanewon (kecamatan) hanya diambil lima sekolah. Total 85 sekolah yang melaksanakan uji coba PTM," katanya, Senin (11/10/2021).

Untuk pengawasan PTM jenang SD ini, katanya, selain dilakukan oleh Satgas Covid-19 pada masing-masing sekolah juga diawasi oleh para pamewu (camat). Berdasarkan pantauan hari pertama, lanjutnya, penerapan protokol kesehatan sudah berjalan baik.

"Pelaksanaan PTM hari pertama sudah sesuai dengan protokol kesehatan maupun SOP. Orang tua yang mengantar langsung pulang dan guru sudah mengatur para siswa saat berada di kelas," katanya.

BACA JUGA: Pensiunan TNI Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Sungai Sempor Sleman

Dalam sepekan, lanjut Ery, siswa hanya di masuk sebanyak dua kali selama masa uji coba PTM ini. Setiap hari, siswa hanya mengikuti pelajatan di dalam kelas selama dua jam. Dalam satu kelas yang masuk hanya 50% dari jumlah rombongan belajar. "Selesai PTM anak langsung diminta pulang tidak ada main di sekolah, langsung dijemput orang tua," katanya.