90 SMP dan MTS di Bantul Gelar Pemilos

Ilustrasi Pemilos. Harian Jogja/Uli Febriarni
13 Oktober 2021 21:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL -Pemilihan umum Osis (Pemilos) Bantul untuk SLTP dan MTS se-Bantul resmi digelar secara daring, Rabu (13/10/2021).

Peresmian Pemilos dengan menggunakan aplikasi E-Pemilos yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Bantul oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, di Gedung Induk Parasamya Pemkab Bantul.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul Abdul Halim mengharapkan meskipun dilakukan secara daring, antusiasme siswa untuk mengikuti pemungutan suara tetap tinggi karena pemilos sangat bermanfaat bagi kemajuan masing-masing sekolah.

"Pemilos adalah sarana menempa karakter sebagai warga negara khususnya dalam hal demokrasi, melalui pemilos siswa akan mengerti dan menerapkan arti demokrasi dalam kontek lingkungan siswa yaitu dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa," katanya.

Halim juga berpesan agar para siswa menggunakan hak pilihnya dengan pertimbangan rasional serta menghormati pilihan yang berbeda dari siswa yang lain.

Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menyatakan Pemilos Serentak untuk SLTP/ MTS se-kab Bantul diikuti oleh 90 sekolah dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 37.443 orang. Para siswa ini akan melakukan pemungutan suara sejak jam 09.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB.

"Pemilos yang telah dilaksanakan sejak Tahun 2011 ini diharapkan menjadi investasi demokrasi di Bantul. Sehingga diharapkan para siswa yang mengikuti pemilos saat ini dapat menjadi pemilih yang cerdas atau penyelenggara yang professional pada Pemilu atau Pemilihan dimasa yang akan datang," katanya.

BACA JUGA: Pos Siaga Bencana di Bantul Diaktifkan jelang Musim Hujan

Ketua Divisi Sosialiasasi dan Pendidikan Pemilih KPU Bantul, Musnif Istiqomah menerangkan bahwa tahapan pemilos serentak ini merujuk pada tahapan pemilu. Panitia Pemilihan OSIS (PPO) melakukan pemutakhiran daftar pemilih, menerima pendaftaran calon, melaksanakan kampanye serta melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara.

"Dalam pemilos siswa akan praktik langsung sebagai pemilih, sebagai penyelenggara dan sebagai kandidat calon Ketua OSIS. Lebih lanjut disampaikan bahwa didalam aplikasi E-Pemilos para siswa selain memilih (vote) dapat melihat profil kandidat calon ketua OSIS serta melihat hasil akhir E-Pemilos dimasing-masing sekolah," ucapnya.