Advertisement

Wisata Alam Kulonprogo Siap Sambut Pengunjung

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Wisata Alam Kulonprogo Siap Sambut Pengunjung Bupati Kulonprogo, Sutedjo - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, SENTOLO--Destinasi wisata di Kapanewon Sentolo menjadi sorotan Pemkab Kulonprogo. Pengelola objek wisata Gunung Dayakan di Dusun Kaliwiru, Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo, diharapkan mempersiapkan diri menjadi salah satu alternatif destinasi wisata di wilayah Bumi Binangun.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan objek wisata Gunung Dayakan merupakan hasil dari program Sambang Kulonprogo atau Sambanggo yang dicetuskan Dinas Pariwisata Kulonprogo.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sambanggo yang diluncurkan pada 2020 bertujuan menggerakkan sektor pariwisata di Kulonprogo yang sempat vakum imbas terkena dampak pandemi Covid-19 ditambah diberlakukannya PPKM berjenjang 

"Gerakan Sambanggo di Sentolo merupakan gerakan kedelapan. Rencananya, Sambanggo akan dilaksanakan sebanyak 10 kali hingga akhir tahun. Gerakan Sambanggo sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu Sambang Gisik, Sambang Gawe, dan Sambang Gunung. Gerakan Sambanggo di Desa Tuksono ini merupakan bagian dari Sambang Gisik," kata Sutedjo pada Selasa (19/10/2021) saat peninjauan calon destinasi wisata hasil program Gerakan Sambanggo bersama Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana di kapanewon Sentolo.

Sutedjo memberikan jempol kepada kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat dalam membangun dan mengelola calon destinasi wisata ini. 

“Materi atau produk yang ditampilkan jangan hanya meniru tempat lain. Harus ciri khas yang di tempat lain tidak ada. Ini akan jadi tambahan daya tarik,” terang Sutedjo.

Panewu Sentolo, Sigit Purnomo, mengatakan di tahun 2017, Desa Tuksono terpilih dalam program desa mandiri budaya oleh Pemda DIY. Sigit menambahkan salah satu langkah awal yang telah dilakukan untuk mengembangkan desa mandiri budaya di Tuksono adalah dengan membangun Taman Bendung Kamijoro. 

"Kemudian calon destinasi wisata di Gunung Dayakan ini diharapkan mampu menambah pilihan wisata di Desa Tuksono. Calon destinasi wisata yang ada di Gunung Dayakan ini, semoga berkembang dengan baik dan jadi destinasi sesuai yang kita harapkan," terang Sigit.

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati, menyampaikan apresiasi terhadap adanya calon destinasi wisata di Tuksono ini. Ia berharap semoga calon destinasi wisata bisa berkembang dengan lancar. Akhid  menambahkan bahwa dalam membangun destinasi wisata perlu disiapkan dengan matang sebelum dibuka untuk umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erdogan Umumkan Keadaan Darurat Selama Tiga Bulan untuk Cari Korban Gempa

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement