Vaksinasi Massal Sasar 2.000 Warga di Semin

Seorang warga difabel mengikuti proggram vaksinasi massal yang diselenggarakan DP3AP2 DIY di Balai Kalurahan Bendung, Semin. Sabtu (23/10). - Harian Jogja/David Kurniawan.
24 Oktober 2021 13:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, SEMIN - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY menyelenggarakan vaksinasi massal di Kalurahan Bendung, Semin, Sabtu (23/10). Kegiatan ini dilakukan sebagai mendukung percepatan dan perluasan vaksinasi anti corona di wilayah DIY.

Kepala Bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan, DP3AP2 DIY, Nelly Tristiyana mengatakan, program vaksinasi terus ditingkatkan dan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta ikut dalam percepatan area cakupan vaksin. Oleh karenanya, DP3AP2 DIY menyelenggarakan kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan di Balai Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin.

“Kami berkomitmen untuk membantu perluasan program vaksinasi di wilayah DIY,” kata Nelly, Sabtu.

Menurut dia, vaksinasi ini menyasar 2.000 warga di Kapanewon Semin. Adapun pelaksanaan, DP3AP2 DIY bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Gunungkidul, Pemerintah Kalurahan Bendung, TNI Angkatan Udara, Polsek dan Koramil Semin. Selain itu, pelaksanaan juga menggandeng organisasi kemasyarakatan Perempuan Jenggala. “Pelaksanaan berjalan dengan lancar dan antusias dari warga juga baik,” katanya.

Ditambahkan Nelly, wilayah Kapanewon Semin dipilih untuk sasaran karena tingkat capaian vaksin yang belum optimal. Oleh karenanya, dilaksanakan vaksinasi massal sehingga akses untuk warga menjadi lebih dekat dan mudah dijangkau.

“Pelaksanaan dilakukan di kalurahan sehingga jaraknya lebih terjangkau,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Panitia Vaksin, Zuli Murpuji Astuti. Menurut dia, pemilihan lokasi di Kapanewon Semin berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Gunungkidul. “Antusias warga masih butuh ditingkatkan sehingga vaksinasi massal digelar di Balai Kalurahan Bendung,” katanya.

Zuli mengungkapkan, pelaksanaan tidak hanya menyasar ke warga di Kalurahan Bendung karena juga diikuti yang berasal dari kalurahan lain di Kapanewon Semin. “Untuk sasaran sesuai dengan ketentuan mulai dari anak berusia di atas 12 tahun, orang dewasa, lansia hingga kelompok difabel,” katanya.

Lurah Bendung, Didik Rubiyanto mengaku senang dengan pelaksanaan vaksinasi massal di balai kalurahan. Upaya ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap penyebaran virus corona.

“Diharapkan dengan vaksinasi massal ini maka 99% warga di Kapanewon Semin mendapatkan vaksin anti corona,” katanya.

Didik mengungkapkan, untuk sasaran dilakukan berbasis data dengan menyasar  warga yang belum sempat menerima vaksin. Guna menggalakkan partisipasi warga, kader-kader kesehatan di setiap dusun dikerahkan mendorong serta menyerahkan undangan untuk vaksin.

“Penyelenggaraan ini berhasil juga berat peran dari anggota polsek dan koramil di Kapanewon Semin yang ikut membantu dalam upaya mobilisasi warga,” katanya.