Bangkai Penyu Seberat 30 Kilogram Ditemukan di Pantai Pandansari

Penyu dikuburkan saat ditemukan di antai Pandansari, Gadingsari, Sanden, Bantul, Senin (25/10/2021) pagi. - Ist.
25 Oktober 2021 12:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Warga di sekitar Pantai Pandansari, Gadingsari, Sanden, Bantul, Senin (25/10/2021) pagi dibikin gempar. Hal ini menyusul ditemukannya seekor penyu dengan panjang kerapas 80 sentimeter dan lebar 64 sentimeter ditemukan mati di Pantai Pandansari.

Penyu jenis lekang dengan berat 30 kilogram tersebut ditemukan warga mati dengan kondisi kepala sudah hilang. Sekretaris Search and Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah IV Bantul, Nugroho mengatakan, penyu mati tersebut kali pertama ditemukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandansari. Awalnya pengunjung tersebut mencium bau busuk saat berjalan di pinggir pantai. Setelah didekati, ternyata bau tersebut bersumber dari bangkai penyu.

BACA JUGA : Kelompok Konservasi di Bantul Mampu Tetaskan 80 Persen

"Wisatawan tersebut kemudian melaporkan kejadian itu kepada pengurus Pantai Goa Cemara  yang selanjutnya dilaporkan ke kami. Kami kemudian menggandeng petugas dari TNI AL dan pengurus penangkaran penyu serta petugas dari Ditpolairud mendatangi lokasi penemuan," katanya, Senin (25/10/2021).

Menurut Nugroho, jika melihat kondisi bangkai penyu, diperkirakan penyu telah mati lebih dari tiga hari. Hal ini karena bangkai tersebut telah membusuk dan mengeluarkan bau. Adapun penyebab, penyu tersebut mati, Nugroho juga belum bisa mengungkapkan.

"Penyu tersebut kemudian kami evakuasi dan kami kuburkan," jelas Nugroho.

Peristiwa matinya penyu di pantai selatan Bantul bukan kali pertama. Pada 2019 lalu, ada dua penyu mati pada bulan Juni 2019.