Kricak Tegalrejo Punya Lurah Baru

Lurah Kricak May Christianti Sudarmono (tengah) saat menjadi Sekretaris Lurah Tegalpanggung. - Istimewa
26 Oktober 2021 04:47 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—May Christianti Sudarmono resmi menjabat Lurah Kelurahan Kricak, Kemantren Tegalrejo, Jogja. Perempuan kelahiran 7 Mei 1975 ini menjadi lurah Kricak sejak 18 Oktober lalu, namun baru dikenalkan kepada masyarakat kelurahan setempat pada 21 Oktober. Dia menggantikan Muhammad Ichwan Pribadi yang menjadi lurah Kricak sebelumnya.

May Christianti Sudarmono mengawali karier pegawai negeri sipil (PNS) sejak 1998 lalu sebagai staf di Dinas Pengelolaan Pasar sampai 2004, kemudian pindah sebagai staf kepegawaian di Kemantren Tegalrejo sampai 2014, lalu naik jabatan sebagai Kepala Seksi Pemerintahan dan Pembangunan di kemantren yang sama sampai 2017 lalu.

Dari Kemantren Tegalrejo, May Christianti dipromosikan menjadi Sekretaris Lurah di Kelurahan Bausasran, Kemantren Danurejan selama setahun. Lalu menjadi Sekretaris Lurah Tegalpanggung, Kemantren Danurejan dari 2018 sampai pertengahan Oktober 2021, lalu dilantik sebagai Lurah Kricak pada 18 Oktober lalu.

Perempuan satu anak ini mengaku pekerjaan rumah (PR) yang akan dikerjakan di awal pemerintahannya di Kricak adalah menyisir warga yang belum tervaksin Covid-19. Namun dari hasil penyisiran yang dilakukannya sudah tidak ada warga Kricak yang belum tervaksin. “Soal vaksin Covid-19 di Kricak sudah clear [tervaksin semua],” ucap May Christianti.

Tugas selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah penyelesaian kasus stunting. Dia belum bisa memaparkan soal data stunting di wilayah kerjanya, namun May Christianti tidak menampik masih ada warganya yang stunting karena jadi salah satu wilayah yang fokus penyelesaian stunting dari Pemkot Jogja. Ia berencana bekerja sama dengan PKK dan Bunda Mengajar untuk menyelesaikan kasus stunting di tiga kampung, yakni Kricak Kidul, Jatimulyo, dan Bangunrejo.

Selanjutnya adalah menyelesaikan pemilihan RT dan RW untuk periode 2022-2024 yang harus terlaksana pada November mendatang karena awal Desember mendatang pengurus RT dan RW harus sudah dikukuhkan awal Januari 2022. Saat ini baru tahap sosialisasi dan penyerahan berita acara (BAP) dari pengurus RT dan RW yang lama.

Targetnya akhir November sudah harus pemilihan. “Pemilihannya diserahkan ke masing-masing wilayah, kalau wilayah menghendaki secara daring atau tatap muka dibolehkan yang penting dilarang buka masker,” ujar May Christianti sembari menambahkan ada 13 RW dan 61 RT di Kricak