Tingkat Partisipasi Siswa di Pemilos Bantul Capai 79 persen

Ilustrasi - Freepik
01 November 2021 16:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—KPU Bantul mencatat tingkat partisipasi siswa mengikuti Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) 2021 untuk jenjang SMP/Mts dan jenjang SMA/SMK/MA se- Bantul cukup tinggi.

Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang menggunakan hak suaranya pada pemilos dengan menggunakan aplikasi E-Pemilos.

"Tingkat partisipasinya mencapai 79%. Dari 61.336 siswa pemilih, yang menggunakan hak pilih sebanyak 48.475 siswa," kata Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, Senin (1/11/2021).

BACA JUGA: Kaya Mendadak karena Tol Jogja-Solo, Puluhan Warga Ditarik dari PKH

Didik menambahkan aplikasi E-Pemilos yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul mudah dijalankan dan tidak ada masalah dari proses memilih sampai dengan rekapitulasi penghitungan suara.

"Pemilos telah kami gelar sejak 2011. Sejak 2015, pemilos dilaksanakan secara serentak di seluruh Bantul bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Bantul, Kemenag Bantul serta Balai Dikmen Bantul," imbuhnya.

Ketua KPU, Ilham Saputra, memberi apresiasi kepada KPU Bantul yang telah sukses melaksanakan Pemilos Serentak 2021. Pemilos merupakan pengenalan pendidikan politik kepada pemilih pemula.

"Ketua OSIS sebagai pemimpin para siswa harus dapat mewujudkan demokrasi yang baik dimasing-masing sekolah," kata dia.

Ilham menambahkan  untuk mewujudkan demokrasi yang baik, ketua OSIS perlu untuk mendengarkan aspirasi siswa sebagai representasi warga OSIS.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih berpesan kepada ketua OSIS terpilih untuk segera melakukan konsolidasi dengan pengurus OSIS lainnya dalam melaksanakan program kerja.

"Kami harapkan ketua OSIS juga tetap menjaga prestasi meskipun menjabat sebagai ketua OSIS. Keaktifan di organisasi harus diimbangi dengan prestasi intelektual sehingga dapat menjadi contoh baik bagi siswa yang lain," ucapnya.