Bantul Kebut Vaksinasi, Bupati Halim: Kita Ingin Capaian 100 Persen

Penyandang disabilitas mendapatkan vaksin Covid-19. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
02 November 2021 07:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kendati telah memasuki PPKM Level 2 di Kabupaten Bantul, upaya pencapaian vaksinasi di Kabupaten Bantul terus digenjot. Terlepas dari apapun levelnya, target herd immunity masih menjadi salah satu fokus Pemkab Bantul sampai saat ini.

"Yang paling penting adalah Pemerintah Kabupaten Bantul terus melakukan upaya mencapai Herd Immunity dengan vaksinasi," tegas Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih pada Senin (1/11/2021).

Diterangkan Halim, capaian vaksinasi di Bantul telah mencapai sekitar 85 persen. "Kita terus mengejar sampai kalau memungkinkan 100 persen," katanya.

BACA JUGA : Vaksin Dosis Kedua untuk Wanita dan Ibu Hamil

Lebih lanjut upaya untuk mencapai 100 persen vaksinasi di Bantul disebutkan Halim hanya menyisakan warga yang memang tidak bisa divaksin. "Kenapa [tadi saya bilang] kalau memungkinkan. Karena ada pihak-pihak yang tidak bisa divaksin," tambahnya.

"Seperti misalnya penderita diabetes yang tinggi. Kemudian hipertensi dan beberapa penyakit lain yang tidak bisa divaksin," imbuhnya.

Kendati upaya mencapai target 100 persen tergolong sulit, Halim akan tetap berusaha mendorong vaksinasi semaksimal mungkin kepada target yang bisa menerima vaksin. "Untuk mencapai 100 persen itu sulit, tetapi kita akan menuju titik yang maksimal vaksinasi," tegasnya.

Perihal level PPKM yang belum turun, Halim sepenuhnya menyerahkan keputusan itu kepada pemerintah pusat. "Pemerintah Daerah tidak bisa menurunkan level karena pandemi itu bersifat nasional, bukan bersifat lokal. Jadi kita mengikuti saja hasil kajian yang dilakukan pemerintah pusat Bantul kapan turun level," ucapnya.