Lestarikan Lingkungan, Penanaman Jambu & Mangga Dikampanyekan

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto. - Ist.
08 November 2021 08:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--DPC PDIP Kota Jogja membatikan sebanyak 1.500 bibit pohon Jambu Citra dan Mangga Arumanis kepada pengurus RW di Kota Jogja untuk ditanam di lingkungannya. Penanaman kedua jenis pohon itu diharapkan memberikan kontribusi kelestarian lingkungan di Kota Jogja.

Ketua DPC PDIP Kota Jogja Eko Suwanto menjelaskan melalui program Jogja Nandur, organisasinya membagikan sebanyak 1.500 bibit pohon Jambu Citra dan Mangga Arumanis pada Sabtu (6/11/2021) di Taman Rekreasi Air Legawong, Umbulharjo. Bibit tersebut selanjutnya ditanam pada lingkungan RW masing-masing dengan harapan ke depan memiliki aset tanaman produktif berupa tanaman buah.

BACA JUGA : Masdarling Dibentuk untuk Meningkatkan Kesadaran 

Eko membeberkan kedua tanaman itu dipilih, selain karena produktif, hasil buahnya juga memberikan manfaat bagi masyarakat terutama untuk dikonsumsi. “Selain itu tanaman jambu air membantu menghijaukan lingkungan dan kawasan resapan air sehingga terhindar bencana banjir. Selain itu, jika dikelola dengan baik, buah yang produktif bisa meningkatkan perekonomian warga,” kata Eko dalam rilisnya Minggu (7/11/2021).

Ia menambahkan program Jogja Nandur yang digalakkan partainya merupakan bagian dari upaya mitigasi bencana. Lewat aksi tanam pohon tujuannya untuk menanggulangi bencana banjir yang kerap terjadi di musim hujan. Eko mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif jaga lingkungan dan menanggulangi bencana.

“Kami mengajak warga agar peduli lingkungan agar ke depan ekosistem terjaga, melestarikan lingkungan,” ujar Ketua Komisi A DPRD DIY ini.