Pertamina Bagikan 500 Paket Sembako saat Vaksinasi Kemenhub di Bantul

Pelaksanaan vaksin pekan nasional dan keselamatan jalan, Minggu (8/11/2021). - Ist.
08 November 2021 12:27 WIB Media Digital Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA– Memperingati Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ), Pertamina kembali berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam mendongkrak angka vaksinasi masyarakat dengan menyerahkan 500 paket sembako bagi peserta vaksinasi. Setelah sebelumnya dilaksanakan di kabupaten Blora, kabupaten Bojonegoro, dan kabupaten Purworejo, Solo Raya, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kali ini vaksinasi masyarakat dilaksanakan di Balai Desa Argomulyo, Kabupaten Bantul pada Minggu (7/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengapresiasi pencapaian vaksinasi di kabupaten Bantul yang sudah mencapai 80% dan ingin mendorong pencapaian vaksinasinya hingga 100%.

BACA JUGA : Menhub Minta Wilayah Aglomerasi DIY Segera Tervaksin

“Sesuai arahan Bapak Presiden untuk menggencarkan Program Vaksinasi Nasional, kami ingin mendorong wilayah aglomerasi Yogyakarta ini menjadi suatu daerah yang mencapai kekebalan komunal hingga 100 persen,” kata Menhub.

Kemenhub menyediakan sebanyak 2.000 vaksin, yang menyasar para lansia, santri, pelaku transportasi, pedagang kaki lima, dan masyarakat umum lainnya di sekitar Kabupaten Bantul. Budi mengungkapkan, kegiatan vaksinasi ini juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi masa libur natal dan akhir tahun.

"Yogyakarta menjadi destinasi wisata favorit masyarakat. Oleh karenanya kita siapkan vaksinasi untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19. Khususnya bagi para lansia yang rentan terhadap penularan Covid-19. Alhamdulillah, Saya lihat tadi banyak para lansia yang mengikuti vaksinasi. Hampir 50 persennya para lansia,” ungkapnya.

Untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi masyarakat, Kemenhub juga menggandeng partisipasi sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), khususnya dalam menjalankan bakti sosial berupa paket sembako bagi peserta vaksinasi, salah satunya Pertamina.

Brasto Galih Nugroho selaku Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), mengungkapkan Pertamina ikut berkontribusi dalam menyerahkan paket sembako kepada masyarakat yang menjadi peserta vaksinasi.

BACA JUGA : Menhub Budi Karya Sediakan 23.000 Dosis Vaksin Covid-19

“Sedikitnya total 500 paket sembako kami serahkan sebagai wujud bantuan sosial dan apresiasi kepada masyarakat Bantul yang sudah menjalankan vaksinasi pada kegiatan tersebut,” ujar Brasto.

Menurutnya Pertamina senantiasa berperan aktif dalam mendukung upaya pemerintah untuk pemulihan pandemi Covid-19.

“Sebelumnya, kami juga telah ikut serta dalam pelaksanaan vaksinasi yang juga diselenggarakan Kementerian Perhubungan di wilayah kabupaten Blora dan kabupaten Bojonegoro pada 22 Agustus 2021, serta di kabupaten Purworejo pada 28 Agustus 2021, hingga beberapa daerah di Solo Raya dan DIY secara serentak pada 17 September 2021” ujarnya.