Advertisement

Dorong Penguatan UMKM, BOB Sepakati Kerja Sama dengan Pusat Investasi Pemerintah

Hafit Yudi Suprobo
Minggu, 14 November 2021 - 21:17 WIB
Sunartono
Dorong Penguatan UMKM, BOB Sepakati Kerja Sama dengan Pusat Investasi Pemerintah Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) bersama dengan Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah, Ririn Kadariyah pada kegiatan pelatihan dan penandatanganan MoU di Glamping DeLoano, Purworejo, Minggu (14/11/2021). Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOREJO--Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) bersama dengan Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah, Ririn Kadariyah pada kegiatan pelatihan dan penandatanganan MoU di Glamping DeLoano, Purworejo, Minggu (14/11/2021).

Direktur Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita, mengatakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) PIP - BOB ini merupakan salah satu upaya dalam rangka memperkuat sinergi antar badan layanan umun guna mendukung penguatan kapasitas pelaku usaha dan peningkatan peluang pengembangan usaha.

Advertisement

Dalam sambutannya, Indah Junita menerangkan secara singkat terbentuknya Badan Otorita Borobudur sesuai Perpres Nomor 46 Tahun 2017, dimana Badan Otorita Borobudur (BOB) memiliki tugas dan fungsi otoritatif, yaitu di kawasan 309 hektar di perbukitan menoreh Purworejo.

Lebih lanjut, tugas koordinatsi di DIY- Jateng dalam KSPN Borobudur yang terdiri dari tiga destinasi pariwisata nasional (DPN), yaitu Borobudur-Jogja dan sekitarnya; Solo-Sangiran dan sekitarnya; Semarang-Karimunjawa dan sekitarnya juga menjadi tanggung jawab BOB.

"Badan Otorita Borobudur berkomitmen membuat pusat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kawasan pariwisata Borobudur Highland seluas 2,1 hektar bernama Creative Economic Zone. Pusat UMKM ini merupakan salah satu implementasi partisipasi UMKM pariwisata dan ekraf dalam operasional Borobudur Highland," kata Indah Junita pada Minggu (14/11/2021).

Dikatakan Indah Junita, setelah program pendampingan di sekitar Borobudur Highland, kolaborasi BLU BOB- BLU PIP dapat diperluas ke Kawasan Pariwisata Borobudur di tiga destinasi pariwisata nasional.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, yang menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) mengatakan bahwa setelah penandatanganan ini BLU BOB maupun BLU PIP selalu memberikan dukungan pemerataan manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Suahasil mengatakan dengan adanya BLU BOB dapat meningkatkan kualitas produk ekraf sekitar kawasan ini. "Produk-produk UMKM yang ada di sekitar kawasan Borobudur Highland bisa juga diangkat dan saya mengingatkan kepada semua pihak untuk selalu menepati waktu dalam membayar pajak," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement