Silatnas IIBF ke-12, Ajang Silaturahmi dan Bangun Semangat Kekeluargaan

Presiden IIBF, Heppy Trenggono (dua dari kiri/baju batik) saat berada di acara Silatnas ke-12 IIBF. - foto Istimewa
16 November 2021 09:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Agenda tahunan Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) salah satunya yaitu Silaturahim Nasional (Silatnas). Silatnas ke-12 pada tahun ini dilaksanakan selama dua hari, dari Jumat – Sabtu (12-13/11/2021).
 
Peserta Silatnas datang dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah yang datang tak kurang dari 500 orang, sehingga panitia perlu menyewa beberapa hotel atau penginapan di kawasan Kaliurang Sleman. Adapun lokasi utama pelaksanaan Silatnas ke-12 IIBF, yaitu di D’Kaliurang Resort dan Convention dan disemarakkan dengan sejumlah stan bazaar produk.
 
Menurut Presiden IIBF, H Heppy Trenggono M Kom, kegiatan Silatnas antara lain bisa menjadi ajang silaturahmi, membangun atau memupuk semangat kekeluargaan serta merapatkan barisan pengusaha muslim di Indonesia.
 
“Beberapa tahun sebelumnya, Silatnas IIBF pernah dilaksanakan di kompleks Monjali Jogjakarta. Tahun ini di Jogja lagi, sebab ada beberapa alasan seperti soal SDM, tempat sampai pihak pemerintahannya yang sangat mendukung,” terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (16/11/2021). 

Baca juga: Ini 4 Lokasi Terbaru Tanah Longsor di Kulonprogo
 
Ditambahkan Heppy, Silatnas tahun ini mengusung tema "Mengambil Tanggung Jawab di Era Pandemi". Adapun salah satu hikmah pandemi, yakni bagaimana masyarakat lebih bisa membangun Indonesia dengan semangat persatuan, persaudaraan maupun saling tolong-menolong.
 
Penggagas Gerakan Beli Indonesia ini menambahkan, Gerakan Beli Indonesia mengandung tiga sikap perjuangan bangsa Indonesia, yaitu membeli produk Indonesia, membela bangsa Indonesia dan menghidupkan semangat persaudaraan. “Selain itu kami berharap, salah satu hasil dari Silatnas ini, yaitu agar pemerintah benar-benar memperhatikan keberadaan UMKM yang ada di Indonesia,” tambahnya.
 
Sementara itu Ketua IIBF Jogjakarta, Mukhlis Hari Nugroho mengungkapkan, umur IIBF saat ini sudah 12 tahun. Berbagai pengalaman sudah banyak diperoleh dan siap menebar manfaat bagi masyarakat luas.
 
“Silatnas kali ini tak hanya dihadiri pengurus dan anggota IIBF dari seluruh Indonesia, tapi banyak pula yang datang bersama keluarganya. Semua orang-orang hebat dan semoga Silatnas ini bisa membawa berkah,” paparnya.
 
Ditambahkan Mukhlis, beberapa kegiatan penting pada Silatnas ke-12 IIBF di Jogjakarta, misalnya dialog atau diskusi nasional kebangsaan, pemaparan materi seputar bisnis dan deklarasi nasional kebangsaan.

“Deklarasi nasional kebangsaan pada akhir acara Silatnas IIBF antara lain ada dari pihak anggota dan pengurus IIBF, Masyarakat Bela Beli Indonesia (MBBI), Pimpinan Nasional Gerakan Beli Indonesia (GBI) serta Presiden IIBF,” imbuh Mukhlis. *