FTI UAD Melatih Anggota Bank Sampah

Kegiatan pelatihan sekaligus penyuluhan yang dilakukan tim dosen dari Fakultas Teknologi Industri UAD kepada anggota Bank Sampah Lintas Winongo, Bumijo, Jetis, Jogja belum lama ini. (ist - FTI UAD)
16 November 2021 19:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar sejumlah pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Bank Sampah Lintas Winongo, Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis.

Pelatihan yang merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan tiga dosen dari Fakultas Teknologi Industri UAD yaitu Utaminingsih Linarti dan Amalia Yuli Astuti dari Prodi Teknik Industri, serta Gita Indah Budiarti dari Prodi Teknik Kimia.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan, yaitu pembuatan sabun marble dari minyak jelantah, perhitungan harga pokok produksi,  kemasan produk, dan pembuatan logo bank sampah.

Rangkaian keempat kegiatan tersebut dilakukan dalam dua periode pelaksanaan, yaitu Agustus dan Oktober 2021. “Program pengabdian pada masyarakat ini diharapkan memberikan kontribusi nyata terkait dengan inovasi produk dan teknologi yang dimiliki oleh dosen kepada Bank Sampah Lintas Winongo,” Utaminingsih Linarti seperti dalam rilis yang dikirim kepada Harian Jogja, Selasa (16/11/2021).

Berbagai penyuluhan dan pelatihan empat kegiatan di atas diharapkan akan menjadikan Bank Sampah Lintas Winongo memiliki produk inovasi unggulan. Sebanyak 15-25 anggota bank sampah yang mengikuti kegiatan tersebut antusias dalam mengikuti penyuluhan dan pelatihan. “Sangat terlihat dengan adanya proses tanya jawab yang cukup menarik,” kata Utaminingsih.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh ketiga dosen FTI UAD sudah terjalin selama tiga tahun. “Harapan ke depan akan terus dilakukan proses pendampingan terhadap Bank Sampah Lintas Winongo dengan adanya penambahan teknologi maupun inovasi produk baru,” katanya. (ADV)