Advertisement

UKM Didorong Bangkit lewat Pameran

Media Digital
Rabu, 17 November 2021 - 04:07 WIB
Maya Herawati
UKM Didorong Bangkit lewat Pameran Para pelaku UKM menerima plakat penghargaan untuk display stan terbaik jenis batik, kuliner, kerajinan, dan produk inovatif dalam pameran UKM Jogja Bangkit: Tanggap Tanggon Tuwuh dari Dinas Perdagangan Kota Jogja di Galeria Mal, Gondokusuman, Jogja, Minggu (14/11). (ist - Dinas Perdagangan Kota Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dinas Perdagangan Kota Jogja sebagai satuan tugas pemulihan ekonomi mendorong bangkitnya Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan promosi, salah satunya dengan pameran.

Bertajuk UKM Jogja Bangkit: Tanggap, Tanggon, Tuwuh, pameran berlangsung di Malioboro Mal pada 1-7 November dan Galeria Mal pada 8-14 November 2021.

Advertisement

Menurut Kepala Bidang Bimbingan Usaha Promosi dan Kemitraan Dinas Perdagangan Kota Jogja, Benedict Cahyo Santosa, pameran ini bertujuan memulihkan perekonomian setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Sesuai dengan tema, harapannya UKM di Jogja bisa tanggap dengan situasi, tanggon atau tangguh dalam menghadapi persoalan dan kondisi, serta tuwuh atau mampu berkembang dan beradaptasi dengan lingkungan apa pun.

Lokasi pameran di mal sebagai cerminan tempat yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. “Ini juga berbarengan dengan momen dibukanya mal, karena mal memenuhi standar protokol kesehatan yang baik untuk melaksanakan sebuah event atau kegiatan. Mulai dari penerapan aplikasi Peduli Lindungi, pengecekan suhu tubuh, wajib memakai masker dan sebagainya,” kata Benedict, Selasa (16/11).

Dalam dua kali pameran ini, sebanyak 80 UKM turut berpartisipasi. Sebanyak 40 di Malioboro Mal, dan jumlah yang sama di Galeria Mal. UKM ini berasal dari jenis kuliner, kerajinan, pakaian, sampai perak. Pameran ini sebagai fasilitas UKM yang selama ini kesulitan memasarkan produknya.

“Kami mengangkat atau memfasilitasi UKM wilayah yang selama ini kesulitan, karena terbatas [kondisi] pandemi Covid-19,” kata Benedict.

Disambut Baik

Lantaran ini masih masa peralihan dari kehidupan yang ketat semasa pandemi menuju beberapa pelonggaran, ia menyebut perlu hati-hati di semua sektor acara. Namun adanya pameran setelah vakum sejak awal pandemi disambut baik oleh UKM dan masyarakat.

“Memang betul perlu memaksimalkan pemasaran online, tetapi belum semua bisa, terutama yang kurang paham secara teknologi, meski dari dinas juga melakukan pendampingan dan pembinaan untuk berdagang secara online untuk alternatif. Tapi tidak bisa memungkiri perlu pameran konvensional juga,” kata Benedict. Dinas Perdagangan Kota Jogja mengajak UKM untuk tetap semangat menghadapi situasi apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 32 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement