Advertisement

Dinkes Masih Optimistis Target Vaksinasi Covid-19 Tercapai

David Kurniawan
Selasa, 23 November 2021 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dinkes Masih Optimistis Target Vaksinasi Covid-19 Tercapai Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengikuti program vaksinasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Minggu (21/3/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty optimistis target Pemerintah DIY untuk vaksinasi di akhir Januari 2022 mencapai 100% dapat terpenuhi. Selain melakukan penyisiran, upaya vaksinasi massal juga terus digalakkan guna mencapai target tersebut.

“Capaian vaksinasi dosis pertama susah 81,81 persen. Sedangkan untuk dosis kedua sudah 69,32 persen. Jadi, secara hitung-hitungan hingga akhir Januari tahun depan masih bisa tercapai,” kata Dewi saat dihubungi, Senin (22/11/2021) petang.

Advertisement

Meski demikian, ia mengakui untuk mencapai target tersebut tetap juga dibutuhkan kerja keras. Salah satunya melalui program vaksinasi massal yang terus digencarkan setiap minggunya. “Intensitas terus kami tambah. Selain itu, juga layanan vaksinasi di puskesmas terus dibuka,” katanya.

Disinggung mengenai kendala, Dewi mengakui ada sejumlah faktor yang membuat capaian vaksinasi belum maksimal. Salah satunya, luas wilayah Gunungkidul ikut memberikan pengaruh sehingga upaya mendekatkan akses vaksinasi terus dilakukan. “Kami juga terus melakukan penyisiran dengan melibatkan perangkat di kalurahan. Apalagi sekarang, jumlah sasaran semakin berkurang sehingga kerja ekstra harus dilakukan,” katanya.

Baca juga: Uang Ganti Rugi Tak Cukup Beli Rumah Baru, Warga Terdampak Tol Jogja-Solo Menggugat di Pengadilan

Menurut dia, faktor lain yang menghambat adalah adanya warga yang masih takut divaksin. Selain itu, ada juga calon penerima vaksin yang memiliki riwayat penyakit sehingga belum bisa diberikan suntikan anti corona.

“Hujan jadi kendala karena dapat mengganggu kelancaran. Misalnya, saat ada vaksinasi massal ternyata terjadi hujan sehingga antusiasme warga jadi berkurang dan target vaksinasi yang dicanangkan ikut terpengaruh,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement