Waduh! Pemkot Jogja Temukan 4 Peserta Didik Positif Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
26 November 2021 10:07 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, UMBULHARJO-Pemerintah Kota Jogja menemukan empat peserta didik yang menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM) berstatus positif Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Jogja, Budhi Santoso Asrori, empat peserta didik itu berasal dari satu sekolah. Setalah mendapat temuan ini, proses PTM di sekolah yang bersangkutan dihentikan sementara. "Kami hentikan selama lima hari. Seluruh pembelajaran kembali dialihkan ke sistem daring," kata Budi, Jumat (26/11/2021).

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi empat kasus ini ditemukan saat swab PCR acak di sekolah-sekolah tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Empat temuan kasus positif Covid-19 ini dari sampling sebanyak 1.015 peserta didik dari 14 sekolah. Setelah menemukan kasus, ada tindak lanjut berupa pelacakan dan pemeriksaan terhadap orang-orang kontak erat. Pelacakan menyasar 59 orang.

Baca juga: Zona Merah Covid-19 di Sleman Naik, Ini Datanya

"Testing dilakukan sejak Kamis (25/11/2021). Dan dari pemantauan sementara, 70 persen kontak erat menunjukkan hasil negatif," kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

Dari laporan terakhir, empat peserta didik yang positif Covid-19 dalam kondisi baik. Seluruhnya tidak mengalami gejala sakit. Keempat peserta didik juga sudah divaksinasi. Penyebab terpaparnya Covid-19 masih dalam penelusuran.

"Ada yang orang tuanya berada di luar daerah dan baru datang ke Jogja. Ada juga siswa yang orang tuanya mengalami Covid-19 pada Juli, sehingga kemungkinan masih ada sisa cangkang virus yang terdeteksi karena CT-nya tinggi, 37," kata Heroe.