Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan

Sebanyak 400 warga di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara Kulonprogo pada Kamis (25/11/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
26 November 2021 05:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebanyak 400 warga di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara Kulonprogo pada Kamis (25/11/2021).

Koordinator Vaksinasi door to door BIN Kulonprogo, Wuri Atmaja, mengatakan vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh jawatannya untuk memfasilitasi sejumlah warga khususnya lansia dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh BIN juga untuk mendorong terciptanya Herd Immunity atau kekebalan kelompok di wilayah Kulonprogo. Upaya ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Sri Sultan HB X untuk mempercepat percepatan pencapaian vaksinasi Covid-19 di wilayah DIY," kata Wuri saat dikonfirmasi pada Kamis (25/11/2021).

Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh BIN Kulonprogo dengan menggunakan merek vaksin Sinovac tersebut sebagai upaya untuk memfasilitasi warga yang berada di wilayah pedesaan maupun perbukitan. Sehingga warga kesulitan dalam mengakses vaksinasi Covid-19.

"Akhirnya, kami jemput bola dengan melakukan vaksinasi Covid-19. Berdasarkan catatan kami, ada sejumlah lansia yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 dikarenakan tensi tinggi dan riwayat penyakit yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19," ungkap Wuri.

Dikatakan Wuri, untuk menarik minat masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, sejumlah hadiah atau door prize disiapkan oleh BIN Kulonprogo. Hadiah tersebut disiapkan bagi warga yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Pembagiannya dengan cara diundi.

"Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 diharapkan tetap menjaga protokol pencegahan penularan Covid-19. Serta menghindari kegiatan yang berpotensi menimbulkan paparan Covid-19. Terlebih, sebentar lagi akan ada libur Nataru. Jadi, masyarakat harus waspada," terang Wuri.

Raptowiyono Mugiyo, 70, warga kalurahan Wonobroto, kapanewon Sentolo, mengatakan vaksinasi Covid-19 yang didapatkannya berasal dari informasi dukuh setempat. Mugiyo mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Saya tidak merasakan apa-apa. Tahu-tahu sudah disuntik saja. Untuk dosis kedua, nanti akan diberitahukan oleh pak dukuh. Vaksinasi Covid-19 oleh BIN membantu kami yang rumahnya notabene jauh-jauh dan di wilayah perbukitan," ungkap Mugiyo.