Target 100 Persen Vaksinasi Covid-19 pada Akhir Tahun di Kulonprogo Sulit Tercapai

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
29 November 2021 23:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Capaian vaksinasi Covid-19 hingga 100 persen di wilayah Kulonprogo pada akhir tahun dinilai oleh Gugus Tugas Covid-19 setempat sulit tercapai.

Sinkronisasi data penerima vaksinasi disinyalir menyebabkan target vaksinasi terganjal.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana, mengatakan sinkronisasi data sasaran yang sudah menerima vaksin Covid-19 dengan data capaian dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo memerlukan waktu yang cukup lama.

"Jumlah penerima vaksin Covid-19 semakin sedikit menjadi kendala kami. Capaian vaksin Covid-19 100 persen pada akhir tahun kami akui kesulitan. Sasaran [vaksin Covid-19] sudah sedikit sekali. Kami juga menyampaikan bahwa data yang sudah divaksin dan belum divaksin juga belum disinkronkan," kata Fajar pada Senin (29/11/2021).

BACA JUGA: Sidang Kasus Satai Beracun, Nani: Saya Mohon Ampun & Bertobat pada Allah

Dikatakan Fajar, sinkronisasi perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi apakah sasaran vaksin Covid-19 benar-benar sudah menerima vaksin. Dalam upaya tersebut, diakui oleh Wakil Bupati Kulonprogo ini cukup memakan waktu yang lama.

"Sinkronisasi perlu dilakukan karena dalam kegiatan vaksinasi yang sudah berjalan, banyak sasaran yang tidak sesuai pendataan dengan kategorinya. Kita ambil contoh seperti vaksinasi kepada pelajar namun dimasukkan dalam kategori vaksinasi umum," jelas Fajar.

Upaya vaksinasi Covid-19 di kalurahan terus dilakukan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo. Hal tersebut mengantisipasi upaya vaksinasi Covid-19 secara massal yang sudah jarang dilakukan.

"Kami imbau masyarakat yang belum menerima vaksin Covid-19 untuk datang ke puskesmas setempat. Nanti, tenaga kesehatan akan melakukan pelayanan vaksinasi Covid-19. Kami masih membuka layanan vaksinasi Covid-19 di puskesmas," jelas Fajar.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, mengatakan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 oleh jawatannya difokuskan untuk dosis kedua. Sehingga, upaya tersebut berdampak kepada capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo juga telah menurunkan capaian vaksinasi dosis pertama menjadi 500 dosis. Sebelumnya, untuk sasaran dosis pertama dinas kesehatan menargetkan sebanyak 1.000 dosis," kata Baning.