Bupati Sleman Apresiasi Kerja Keras Insan Kesehatan

Kegiatan Gebyar Husada dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 di Grha Sarina Vidi, Rabu (30/11/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
02 Desember 2021 05:37 WIB Media Digital Sleman Share :

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh insan kesehatan di seluruh Kabupaten Seman. Berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak, penanganan pandemi Covid-19 dapat dilalui dengan baik.

Pujian ini disampaikan Kustini pada Gebyar Husada yang merupakan puncak rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Sleman. Kustini juga menyatakan Pemkab berkomitmen menjadikan peringatan HKN sebagai momentum untuk bangkit meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kami mengajak seluruh insan kesehatan tetap semangat memberikan pelayanan. Momentum HKN ini diharapkan menjadi penyemangat bagi tenaga kesehatan untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi sektor kesehatan di Sleman. HKN harus menjadi momentum untuk bangkit meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya di sela-sela kegiatan Gebyar Husada, Peringatan Puncak Hari Kesehatan Nasional secara hibrida dengan konsep luring di Grha Sarina Vidi, Rabu (30/11/2021).

Menurut Kustini, berbagai capaian positif di sektor kesehatan telah diraih Kabupaten Sleman di antaranya penurunan angka stunting menjadi 6,92% turun dibandingkan pada 2020, pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga Kategori Kabupaten 2021, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori Enabling Environment dan STBM berkelanjutan Lima Pilar Kabupaten, Indeks Keluarga Sehat (IKS) tertinggi pada Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), dan Tenaga Kesehatan Teladan (dokter dan nutrisionis) tingkat nasional.

"Kami sangat mengapresiasi, karena meskipun di tengah pandemi insan kesehatan di Sleman tetap mengukir prestasi tingkat nasional. Semoga ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di Sleman agar kembali sehat dan kembali tumbuh," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Cahya Purnama, mengatakan Sleman menjadi salah satu daerah yang berhasil menurunkan lonjakan kasus Covid-19. Meski demikian, penurunan kasus harus tetap diwaspadai. Kuncinya tetap menjaga protokol kesehatan, konsisten dalam upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) serta percepatan vaksinasi.

"Kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan dan peningkatan kapasitas 3T serta percepatan vaksinasi Covid-19 penting untuk mengendalikan pandemi," kata Cahya.

Pada kegiatan bertema Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku, Cahya menerangkan jajarannya berupaya untuk terus mengedepankan kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program di antaranya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat; Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK); Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM);  Pencegahan Rawan Stunting Hilangkan Gizi Buruk Tingkatkan Ekonomi Rakyat atau Pecah Ranting Hiburane Rakyat; dan Wollbachia Nyamuk Aman Cegah DBD di Kabupaten Sleman atau Si Wolly Nyaman. (*)