Sekolah di DIY Akhirnya Diliburkan pada Akhir Tahun

Pembelajaran tatap muka di SDN Serayu, Jogja, Rabu (28/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
14 Desember 2021 15:37 WIB Jumali Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJADinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY akhirnya meliburkan siswa pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Keputusan ini mengacu munculnya Surat Edaran (SE) No.32/2021 yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan dan Teknologi (Kemendikbudristek) tertanggal Selasa (14/12/2021).

BACA JUGA: Buka Tiap Hari, Ini Sejumlah Lokasi Layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di Bantul

Dalam SE yang ditandatangani Sekjen Kemenristek Suharti, satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan menengah tetap melaksanakan pembelajaran, pembagian rapor semester 1, dan libur sekolah tahun ajaran 2021/2022 yang ditetapkan sesuai kalender pendidikan yang tekah ditetapkan.

Selain itu SE itu juga melarang satuan pendidikan menambah waktu libur Natal dan tahun baru di luar waktu libur kalender pendidikan. Pendidik dan tenaga kependidikan tetap melaksanakan tugas kedinasan sesuai kalender pendidikan.

Memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik. Mengimbau orang tua  atau wali peserta didik agar mengizinkan dan mendorong anaknya yang sudah memenuhi ketentuan dan syarat untuk divaksin Covid-19,tulis SE tersebut.

Kepala Dinas Disdikpora DIY Didik Wardaya mengatakan akan mengikuti ketentuan yang ada di SE tersebut. Awalnya pembagian rapor digelar Januari tetapi kemudian diajukan menjadi 23 Desember 2021, sesuai dengan kalender pendidikan yang ada.

"Tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, anak posisi di rumah [libur]. Ya, biar untuk istirahat," kata Didik.

Meski demikian, jawatannya tetap mengimbau kepada siswa dan orang tua untuk tidak keluar kota serta mengurangi mobilitas.