Advertisement

Kraton Gelar Konser Yogyakarta Royal Orchestra di Akhir Tahun

Sirojul Khafid
Minggu, 19 Desember 2021 - 11:47 WIB
Sunartono
Kraton Gelar Konser Yogyakarta Royal Orchestra di Akhir Tahun Kraton Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KRATON – Kraton Jogja menggelar Yogyakarta Royal Orchestra atau Orkestra Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Konser akhir tahun yang berada dalam naungan Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhamardawa Kraton Jogja berlangsung Senin (20/12/2021) pukul 19.00 WIB. Berlangsung di Taman Budaya Gunungkidul, konser ini sekaligus peresmian tempat tersebut.

Penghageng KHP Kridhamardawa, KPH Notonegoro menjelaskan konsep repertoar yang akan ditampilkan adalah lagu-lagu Jawa dan tembang dolanan. “Lebih istimewanya lagi, karena pada kesempatan ini teman-teman Yogyakarta Royal Orchestra akan berkolaborasi dengan violinist asal Jerman keturunan Indonesia, Iskandar Widjaja. Lalu akan berkolaborasi juga dengan sinden dan wiyaga yang akan memainkan gender dan siter,” kata KPH Notonegoro dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/12).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Lagu-lagu Jawa dalam format orkestra akan berkolaborasi dengan instrumen gamelan. MW. Susilomadyo dan MB. Jatipurno, dua Abdi Dalem Wiyaga Kridhamardawa turut berkolaborasi memainkan gamelan berupa gender dan siter. Abdi Dalem Pasinden Kridhamardawa, Nyi MB. Larasati juga akan bergabung dalam konser ini. Selain itu, beberapa Abdi Dalem Mataya (penari) juga akan semakin memeriahkan acara.

Lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19, Yogyakarta Royal Orchestra berlangsung secara terbatas untuk tamu undangan. Semua kegiatan menerapkan protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang hendak menonton, bisa mengakses Youtube Channel Kraton Jogja di jam yang sama.

“Semoga Konser Akhir Tahun Yogyakarta Royal Orchestra ini bisa menjadi selebrasi, perayaan, dan ungkapan suka cita bagi setiap orang yang menyaksikan. Bisa memberikan semangat dan menularkan kebahagiaan, serta menjadi hiburan bagi masyarakat khususnya di Jogja. Harapannya bisa dinikmati juga oleh seluruh dunia,” kata KPH Notonegoro.

Yogyakarta Royal Orchestra akan menghadirkan enam repertoar yaitu: Lir Ilir, Suwe Ora Jamu, Lela Ledhung, Jenang Gula, Medley Suara Suling – Menthok Menthok, dan Cublak-Cublak Suweng. Lima repertoar pertama diaransemen oleh ML. Widyoyitnowaditro atau biasa dikenal Joko ‘Lemazh’ Suprayitno. Sementara untuk repertoar Cublak-Cublak Suweng diaransemen oleh MW. Widyowiryamardowo atau biasa disapa Budhi Ngurah. Dia juga conductor pada Konser Akhir Tahun Yogyakarta Royal Orchestra tahun ini. Untuk violinist Iskandar Widjaja akan membawakan lagu Lir Ilir.

Menurut ML. Widyoyitnowaditro, sudah ada bocoran terkait salah satu repertoar, yaitu Lela Ledhung. Reportoar ini telah hadir dalam flashmob Royal Orchestra yang berlangusng pada 29 November 2021 lalu di Yogyakarta International Airport. “Videonya juga sudah diunggah di media sosial dan kanal Youtube Kraton Jogja, sudah bisa ditonton,” kata ML. Widyoyitnowaditro.

 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Target Pendapatan Daerah Kabupaten Magelang 2023 Disepakati Rp2,4 Triliun

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement