Advertisement

Pelaku UMKM Dilatih Fotografi hingga Pengelolaan Medsos

Newswire
Minggu, 19 Desember 2021 - 10:57 WIB
Sunartono
Pelaku UMKM Dilatih Fotografi hingga Pengelolaan Medsos Pelatihan fotografi bagi pelaku UMKM. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 100 pelaku UMKM yang berada di wilayah DIY diberikan pelatihan dan praktik fotografi hingga pengelolaan media sosial (medsos) dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas mereka.

Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY Tatik Ratnawati menjelaskan kegiatan itu merupakan kolaborasi dengan Grab dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam rangka pembinaan terhadap UMKM agar dapat meningkatkan kapasitas usaha. Ia mengaku dinas bekerja sama dengan sejumlah aplikasi online salah satunya Grab untuk meningkatkan penjualan produk UMKM.

“Peran KPPU untuk hadir memberikan sosialisasi dan bimbingan terkait kemitraan kepada UMKM juga turut kami apresiasi. Kami berharap melalui program ini kesejahteraan masyarakat meningkat dan bahkan dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan,” katanya dalam rilisnya, Sabtu (18/12/2021).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dalam kesempatan itu digelar juga talkshow kemitraan dan pelatihan untuk UMKM dengan memanfaatkan Omah Kemitraan di Kantor KPPU Wilayah VII - DIY dan Jawa Tengah. Hal ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang prinsip dasar kemitraan serta mengenalkan Omah Kemitraan kepada pelaku UMKM.

“Harapannya memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan diri dalam kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk naik kelas,” katanya.

Komisioner KPPU Ukay Karyadi mengatakan KPPU mempunyai mandat untuk terus mendorong terciptanya hubungan yang sehat antara pelaku usaha besar. Melalui kehadiran Omah Kemitraan diharapkan dapat memberikan forum untuk terjalinnya kemitraan antara pelaku UMKM dengan UMKM, ataupun pelaku usaha besar dengan UMKM, selain konsultasi pengawasan kemitraan serta ruang solusi untuk permasalahan kemitraan tentunya

“Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang secara aktif menggagas dan mengeksekusi gelar wicara dan pelatihan hari ini, serta dukungannya untuk memberikan dampak positif ekonomi digital bagi UMKM,” katanya.

Director of Central Public Affairs, Grab Indonesia Tirza Munusamy menyampaikan komitmennya untuk terus memberikan dampak positif bagi semua pihak termasuk pelaku UMKM, melalui kehadiran layanan digital. “Teknologi Grab yang eksklusif diharapkan dapat memajukan kualitas UMKM di DIY dalam menjalankan usahanya melalui ekonomi digital, serta membantu pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian lokal,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukungan Akbar Tanjung untuk Anies Maju Capres Perlu Dilihat Konteksnya

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement