Menhub: Tak Ada Putar Balik Kendaraan saat Libur Nataru

Menhub Budi Karya Sumadi. - ANTARAFOTO/Rossa Panggabean
19 Desember 2021 06:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memastikan tidak ada istilah memutarbalikkan kendaraan yang pergi ke suatu wilayah selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang. Pihaknya lebih memilih memperketat protokol kesehatan ketimbang memutarbalikkan kendaraan.

“Jadi istilah putar balik dan sebagainya tidak ada. Bahwa yang kita lakukan itu adalah pengetatan atas prokes, pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” kata Budi Karya seusai menghadiri Sosialisasi Keselamatan Transportasi dan Pelatihan Mengemudi di Madrasah Mualimin, Kapanewon Sedayu, Bantul, Sabtu (18/12/2021).

BACA JUGA : Ini Aturan Perjalanan KRL Jogja-Solo Selama Libur Nataru

Untuk mencehah penularan Covid-19, termasuk Covid-19 jenis baru, yakni Omicron, pihaknya menekankan protokol kesehatan, “Ada satu narasi tunggal, apa narasi tunggal itu? Bahwa yang kita lakukan itu adalah pengetatan atas prokes,” ujar Budi Karya.

Ia sudah meminta Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sampai Direktorat Lalu Lintas Polri untuk mengedepankan tindakan humanis terhadap masyarakat yang memiliki kesempatan untuk bepergian ke suatu wilayah.Budi Karya mengaku memang idak mudah memperioritaskan protokol kesehatan ketimbang penyekatan saat libur Nataru. Namun ia ingin mobilitas masyarakat tetap ada, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pihaknya melihat antusiasme masyarakat untuk bepergian luar biasa, namun ia juga bangga terhadap TNI-Polri dan Dinas Perhubungan di semua wilayah yang sudah bekerja dengan baik, “Untuk itu kita harus betul-betul menerapkan prokes secara ketat,” ucapnya.

Sebelumnya Kapolres Bantul, AKBP Ihsan juga mengatakan jajarannya tidak akan melakukan penyekatan di jalan-jalan di wilayah Bantul selama libur Nataru. Namun demikian untuk kelancaran lalu lintas pihaknya lebih memilih menerapkan pola ganjil genap terutama di jalur-jalur menuju objek wisata, salah satunya di Jalan Parangtritis.

BACA JUGA : Tak Ada Penyekatan di Sleman Saat Nataru, Posko Pengamanan Tetap Dibangun

Menurut dia, saat bersamaan pada malam pergantian tahun ini, kata Ihsan, bertepatan dengan tanggal ganjil, yakni tanggal 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, sehingga semua kendaraan yang masuk kawasan pantai Parangtritis dipastikan adalah kendaraan berplat nomor ganjil sesuai tanggal.

“Terkait ganjil genap mereka, masyarakat biar engga kaget, pantai Parangtritiss hari [pada malam pergantian tahun] ini ganjil sehingga bagi yang punya kendaraan genap engga usah ke sana [Parangtritis],” kata Ihsan. Ia mengatakan masih banyak objek wisata lainnya selain Parangtritis, seperti Samas sampai barat dan wisata di Mangunan, Kapanewon Dlingo.