Advertisement

Sambut Tahun Baru, Warga Priyan Gelar Bazar dan Seni Budaya

Ujang Hasanudin
Minggu, 19 Desember 2021 - 09:17 WIB
Sunartono
Sambut Tahun Baru, Warga Priyan Gelar Bazar dan Seni Budaya Stan UMKM dalam kegiatan bazar dan potensi budaya yang digelar menjelang akhir tahun di Dusun Priyan, Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, Jumat (17/12). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19 kegiatan tahunan bazar dan gelar budaya di Dusun Priyan, Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, Bantul, kembali digelar, Jumat (17/12/2021) pekan lalu. Kegiatan tahunan untuk menyambut tahun baru tersebut mengangkat potensi seni budaya dan ekonomi masyarakat setempat.

Ketua Panitia Penyelenggara Bazar dan Gelar Budaya Dusun Priyan, Seto Jalal Lumintang mengatakan kegiatan tersebut sedianya digelar setiap tahun dalam rangka menyambut tahun baru agar masyarakat tidak keluar kampung demi keamanan dan kebersamaan warga. Namun pada 2020 lalu vakum karena adanya pandemi Covid-19.

BACA JUGA : Pelaku UMKM Berharap Ada Bazar Rutin

Kali ini digealr kembali sesuai dengan permintaan warga, “Tujuannya sih agar perayaan malam tahun baru warga tidak keluar kampung sehingga bisa sama-sama merayakan di kampung sendiri demi keamanan bersama,” kata Seto. “Kali ini diadakan lebih awal karena masih dalam kondisi pandemi,” ucap Seto.

Kegiatan gelar seni budaya dengan tema Kolaborasi Budaya Menyambut Asa menyatukan Rasa, semakin meriah dengan adanya lapang di sepanjang jalan dusun dengan menawarkan aneka barang dagangan berupa makanan, potensi kerajinan, dan usaha masyarakat lainnya.

Seto berharap kegiatan tersebut juga bisa mengangkat potensi ekonomi masyarakat,“Selain memberikan ruang berkumpul bagi warga Priyan juga memberikan hiburan kebersamaan dengan gelar seni budaya dan bisa belanja lainnya tanpa keluar kampung,” ucap Seto.

Wakil Bupati Bantul, Joko Budi Purnomo mengapresiasi kegiatan gelar seni budaya Dusun Priyan yang diinisiasi anak-anak muda karang taruna dusun setempat. Ia kaget karena Dusun Priyan memiliki potensi luar biasa mulai dari kegiatan seni kriya, pertunjukan, hingga potensi ekonominya.

“Kita Pemkab Bantul berharap potensi ini dikembangkan. Kalau pedukuhan-pedukuhan di Bantul bisa potensinya tergali seperti ini, saya kira percepatan untuk mewujudkan Bantul Projotamansari  bisa cepat. Dan kita harap Priyan jadi sebuah embrio di Kalurahan Trirenggo kaitan engan potensi seni,” kata Joko.

BACA JUGA : Bazar Si Bakul Lebaran, Wadah Pembinaan UKM

Selain Wakil Bupati Bantul, yang hadir dalam pembukaan Priyan Bakti Berbudaya tersebut juga hadir Tenaga Ahli Bupati Bantul, Dwi Daryanto; Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam), juga Lurah Trirenggo, Ernawati Kusumaningsih.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement