Bantul Belum Temukan KIPI Vaksinasi Anak

Pelaksanaan vaksinasi anak di Bantul. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati.
20 Desember 2021 10:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pelaksanaan vaksinasi anak usia enam sampai 11 tahun di Bantul telah dimulai sejak akhir pekan ini. Meski sudah ratusan anak telah divaksin, Dinas Kesehatan Bantul belum menemukan adanya KIPI pada anak.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso menyampaikan hingga Sabtu (18/12) belum ditemukan adanya KIPI pada anak usia enam - 11 tahun yang telah divaksin. Dari pantauan Reporter Harian Jogja pada lokasi pelaksanaan vakinasi di SDN Bantul Timur tidak menemukan adanya anak yang merasakan KIPI pasca divaksin.

Bantul telah menggelar vaksinasi anak ini sejak Jumat (17/12). "Kalau yang kemarin itu tidak ada. Belum ditemukan dan tidak ditemukan KIPI," terang pria yang akrab disapa Oki tersebut.

"Kalau [anak] nangis lumrah ya, itu kan mungkin ya karena biasanya bulan imunisasi anak sekolah biasanya tidak pernah didampingi orang tua, ini didampingi orang tua. Ya mungkin psikologisnya saja," tambahnya.

Disebutkan Oki, laporan adanya anak yang menderita gejala seperti demam atau lemas pun belum ada. "Sampai dengan sekarang belum ada," tandasnya.

Lebih lanjut Oki menerangkan upaya percepatan vaksinasi anak telah dijadwalkan. Pasca vaksinasi anak resmi diluncurkan di DIY, arahan kepada beragam faskes untuk bisa menerima vaksinasi anak akan segera disampaikan.

"Jadi setelah ini, nanti mulai minggu depan kita sudah memberikan arahan teman-teman di Puskesmas dan tumah sakit agar bisa melaksnakan vaksinasi Covid-19 anak usia enam sampai 11 tahun," terangnya.

Adapun skema pelaksanaan vaksinasi disebutkan Oki bisa digelar di sekolahan maupun bisa dilakukan dalam satu kelompok tertentu. Anak cukup membawa KIA dan KK pada faskes terdekat.

"Jadi kalau misalnya ada kelompok anak-anak usia enam sampai 11 tahun yang tidak bersekolah dalam hal sekolah formal, mungkin bisa dulakukan dalam satu kelompok tertentu dan dikumpulkan di tempat tertentunyang sudah disepakati," jelasnya.