Viral Satpol PP DIY Beli 2 Unit Ninja 4 Silinder, Ini Penjelasan Kepala Satpol PP DIY

Satpol PP - ANTARA FOTO/Luqman Hakim\\r\\n
21 Desember 2021 14:37 WIB Jumali Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Satuan Polisi (Satpol) PP DIY memiliki fasilitas baru, berupa kendaraan untuk pengawalan dan patroli.

Khusus untuk pengawalan, Satpol PP kini dibekali dua unit sepeda motor Kawasaki Ninja ZX-25R 250 cc dengan empat silinder.

Sedangkan untuk patroli, Satpol PP mendapatkan tambahan sepuluh unit Kawasaki KLX 230 cc.

Kepala Satpoo PP DIY Noviar Rahmad, mengatakan pengadaan sepeda motor baik 2 unit Kawasaki Ninja ZX-25R 250 cc dengan empat silinder dan 10 unit Kawasaki KLX 230 cc itu masih sesuai dengan spek dari Permendagri 19/2013 tentang pedoman pakaian dinas, perlengkapan dan peralatan operasional Satpol PP. Di mana, 2 unit Kawasaki Ninja ZX-25R 250 cc itu akan melakukan pengawalan terhadap pejabat-pejabat penting.

"Pengawalannya di belakang. Kalau kita. Mengawal Pak Gubernur itu di belakang. Mengawal pak Wagub di belakang," kata Noviar, Selasa (21/12/2021).

Noviar mengungkapkan pertimbangan jawatannya membeli 2 unit Kawasaki Ninja ZX-25R 250 cc empat silinder itu adalah spesifikasinya yang bisa mengimbangi kendaraan dari para pejabat yang dikawal. Selain itu sesuai dengan Permendagri No.17/2019.

"Kalau di belakang, kan kita harus mengejar," jelasnya.

Disinggung mengenai anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaan 2 unit Kawasaki Ninja ZX-25R 250cc dengan empat silinder dan 10 unit Kawasaki KLX 230 cc tersebut, Noviar mengakui harus mengeluarjan anggaran Rp715 juta.

Adapun perinciannya, Rp98 juta untuk satu unit Kawasaki Ninja ZX-25R 250 cc, dan Rp42 juta untuk satu unit Kawasaki KLX 230 cc termasuk pajak. Semua melalui proses lelang.

Lebih lanjut Noviar memaparkan sejatinya pihaknya telah mencoba mencari unit sepeda motor selain Ninja ZX-25R 250 cc. Akan tetapi, stok untuk merek lainnya kosong.

BACA JUGA: Sosok Selebgram TE yang Terjerat Prostitusi Online Terungkap? Ini Versi Netizen

"Kami sudah telusuri semua. Ada yang Honda CBR itu kosong semua," jelas Noviar.

Noviar menyampaikan saat ini baik Ninja ZX-25R 250 cc dan KLX 230 cc saat ini belum dioperasionalkan. Karena proses belum selesai. Kendati demikian, Noviar menandaskan jika kedua jenis sepeda motor tersebut harus digunakan untuk kepentingan dinas.

"Ndak bisa diluar dinas. Selama ini anggota kita melakukan pengawalan dengan kendaraan pribadi," terang Noviar.

Noviar juga menyatakan pengadaan dua jenis sepeda motor tersebut bukanlah pemborosan. Sebab, seusai tugas pokok dan fungsi dari Satpol PP untuk pengawalan.

Sementara untuk pengadaan KLX 230 cc, ia menyatakan untuk patroli. Sebab, selama ini patroli menggunakan truk. Sehingga tidak efektif saat melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap target razia.

"Kalau kita pakai sepeda motor kan bisa langsung mengejar mereka di lapangan," jelasnya.

Keberadaan dua unit sepeda motor Kawasaki Ninja ZX-25R 250 cc dengan empat silinder milik Satpol PP DIY untuk pengawalan sempat viral di media sosial, setelah akun @agoezband4 mengunggah keberadaan sepeda motor tersebut, empat hari lalu dengan caption "motornya keren om".

Unggahan itu disukai 3.816 dan mendapatkan 366 komentar. Berbagai komentar menyertai unggahan tersebut.

"Auto ganteng," tulis akun @michaell.as