Advertisement

Hampir Rampung, Jalur Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Jogja Sudah Dimanfaatkan Pejalan Kaki

Sirojul Khafid
Selasa, 21 Desember 2021 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Hampir Rampung, Jalur Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Jogja Sudah Dimanfaatkan Pejalan Kaki Beberapa orang beraktivitas di jalur pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Gondomanan, Jogja, Selasa (21/12/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pengerjaan jalur pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Jogja sudah hampir rampung. Jalur tersebut sudah dimanfaatkan pejalan kaki.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Hari Setya Wacana, saat ini pengerjaan hanya tinggal membersihkan area pedestrian.

BACA JUGA: 10 Provinsi dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama Terbaik di Indonesia, Ada DIY

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Sudah hampir selesai, sudah 100 persen [pengerjaannya], tinggal pembersihan.  Kemungkinan sekitar tanggal 30 Desember [peresmiannya]," kata Hari, Selasa (21/12/2021).

Sesuai kontrak dengan pemenang lelang, revitalisasi jalur pedestrian Jalan Jenderal Sudirman ini harus diselesaikan dalam waktu 150 hari kerja atau maksimal hingga akhir Desember. Kini, hanya tersisa beberapa kabel yang belum tersambung. Beberapa pejalan kaki juga sudah memanfaatkan pedestrian tersebut.

Percepatan revitalisasi, salah satunya agar gangguan lalu lintas di ruas jalan utama tersebut tidak berlangsung lebih lama, terutama saat jam sibuk. Selama pengerjaan berlangsung, ruas Jalan Sudirman dari simpang Galeria hingga simpang Gramedia tidak diutup. Adapun anggaran yang digunakan untuk revitalisasi tahap tiga jalur pedestrian Jalan Jenderal Sudirman berasal dari dana keistimewaan dengan nilai Rp20 miliar.

BACA JUGA: Taman Budaya Gunungkidul Diresmikan, Ini Keinginan Sultan Jogja

Selain jalur pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman, pengerjaan pelengkap juga dilakukan dengan menata jalur pedestrian di Jalan Wahidin Sudiro Husodo dan di Jalan Sam Ratulangi. Hal ini untuk mendukung penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sebelumnya berjualan di sepanjang trotoar Jalan Jenderal Sudirman. Setalah pedestrian selesai, PKL tidak boleh menggunakan untuk berjualan.

Pengerjaan jalur Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman tahap pertama sudah dimulai sejak 2019, dari simpang Gramedia hingga Jembatan Gondolayu. Tahap kedua pada 2020 penataan dilanjutkan sampai Tugu Jogja. "Meski dilakukan bertahap, konsep penataan jalur pedestrian Jalan Jenderal Sudirman ini tetap sama. Begitu pula dengan material yang digunakan juga sama dan selaras,” kata Hari.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Pramuka Kwartir DIY Peduli Stunting

Pramuka Kwartir DIY Peduli Stunting

Jogjapolitan | 52 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Jogjapolitan | 14 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Capai Finish Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022, Ganjar Kain Tenun Ulos

News
| Senin, 26 September 2022, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement