Libur Natal di Jogja, Kendaraan Padat Merayap di Malioboro

Suasana kawasan Malioboro, Jumat (24/12/2021) pagi - Harian Jogja/Sunartono.
24 Desember 2021 11:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kondisi kawasan Malioboro yang menjadi pusat pariwisata Kota Jogja mulai padat merayap dengan berbagai kunjungan wisatawan. Kepadatan ini sebagai dampak dari libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, Jumat (24/12/2021) pagi, kendaraan memadati kawasan Jalan Malioboro sehingga arus pun menjadi padat merayap terutama dari titik depan Hotel Grand Inna Malioboro hingga Malioboro Mal. Aktivitas proyek revitalisasi Jalan Perwakilan yang merupakan sirip Malioboro masih berjalan membuat titik pemecah kepadatan berkurang.

Sementara sejumlah wisatawan memilih untuk memarkir kendaraannya di lokasi yang tak jauh dari Malioboro terutama si sejumlah sirip Malioboro seperti diujung barat Jalan Suryatmajan. Sementara Taman Parkir Abu Bakar Ali tampak tidak dipenuhi kendaraan.

"Waktu masuk Jogja relatif lancar sih, hanya masuk Malioboro agak padat terutama di sisi utara," kata Ari, wisatawan asal Magelang, Jumat (24/12/2021).

BACA JUGA: Info Stok Darah di DIY Jumat, 24 Desember 2021

Sebelumnya Kapolresta Jogja Kombespol Purwadi mengatakan fenomena macet di kawasan Malioboro sering disebabkan oleh para ojek online dan taksi online yang menurunkan dan menaikkan penumpang di seputaran Malioboro mal. Oleh karena itu ia meminga kepada para ojol agar menaikkan dan menurunkan penumpang agak ke selatan sehingga dapat meminimalisasi kemacetan di sisi utara Malioboro.

"Ojol tidak boleh menaikkan dan menurunkan penumpang di Malioboro mal, kalau ke selatan depan Hotel Mutiara atau Kepatihan silahkan, karena titik macetnya pasti di sana terus, apalagi Jalan Perwakilan sekarang masih dibongkar tidak ada pemecah jalan lagi," kata dia.