Wisawatan Parangtritis Bakal Diskrining Swab Acak

Suasana Pantai Parangtritis di akhir pekan pada Minggu (21/11/2021) - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
25 Desember 2021 20:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-‎Kepolisian Resort Bantul akan menggelar swab antigen acak kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai Parangtritis selama libur Tahun Baru 2022 mendatang. Swab acak ini dilakukan untuk memastikan wisatawan yang berkunjung dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan mengatakan swab acak antigen kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai Parangtritis akan dilakukan di posko kesehatan yang menjadi satu dengan posko pengamanan.

“Jadi nanti disamping pos pengamnan kita dirikan pos kesehatan yang akan difungsikan untuk tes swab acak antigen kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai Parangtritis,” kata Ihsan, Jumat (24/12/2021).

Ketika nanti ada wisatawan yang diketahui positif Covid-19, kata Ihsan, pihaknya sudah menyiapkan tempat isolasi khusus di sekitar Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis. Selain tes swab antigen acak, pihaknya juga akan menggelar vaksinasi bagi wisatawan yang belum divaksin atau baru divaksin dosis pertama.

Vaksinasi tersebut dilakukan untuk mendukung program pemerintah terkait percepatan vaksinasi. Selain itu juga memastikan wisatawan yang masuk ke objek wisata di Bantul, khususnya Parangtritis dalam kondisi sehat.

“Kalau ada wisatawan yang belum divaksin akan langsung kita berikan vaksinasi jika memenuhi syarat,” ujar Ihsan.

Kasi Humas Polres Bantul, AKP Sumaryata mengatakan kegiatan vaksinasi akan digelar selama tiga kali, yakni pada 25 Desember 2021, 31 Desember 2021, dan 1 Januari 2022. Sasaran vaksinasi adalah wisatawan yang belum divaksin atau baru divaksin dosis pertama.

Wisatawan yang akan divaksin cukup menunjukan kartu tanda penduduk (KTP), kemudian diskrining kesehatan dan jika memenuhi syarat langsung divaksin. Sementara soal jumlah sasaran vaksinasi tidak bisa ditentukan, “Pokoknya sebanyk-banyaknya sasaran wisatawan yang akan divaksin,” kata Sumaryata.

BACA JUGA: Anggota TNI AD Tabrak Dua Remaja Lalu Membuangnya di Sungai, Jasad Korban Ditemukan di Kali Serayu

Menurut dia kegiatan vaksinasi bagi wisatawan ini bagian dari kegiatan Operasi Lilin Progo Pengamanan Natal dan Tahun Baru. Dalam operasi ini Polres Bantul dan petugas gabungan yang dikerahkan untuk pengamanan sebanyak 1.000 personel yang terdiri dari kepolisian, TNI, instansi Pemkab Bantul, dan para relawan.