Alun-Alun Utara Jogja Dijual dengan Mata Uang Kripto

Alun-Alun Utara Jogja dijual di situs Next Earth. - Suara.com
04 Januari 2022 20:37 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Alun-Alun Utara dijual dengan nilai yang fantastis di situs Next Earth.

Eka Haryanta, warga Srimartani Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul yang sering bermain game virtual mengaku melihat Alun-Alun Utara dijual dalam situs Next Earth oleh pemilik akun Yofhiant sebesar 240 United States Dollar Tether (USDT). USDT adalah mata uang kripto dengan nilai per aset setara US$1.

BACA JUGA: Mini Zoo Kini Hadir di Kaliurang

“Kaget juga, kemarin saya jumpai dijual 254,31 USDT,” ujar Eka, Selasa (4/1/2022).

Eka juga menemukan postingan di Twiter @ridlwandjogja yang menampilkan postingan ingin membeli Alun-Alun Utara di metaverse. Ridlwan menampilkan screenshot harga jual Alun-Alun Utara Jogja.

"Jika itu diklaim secara virtual untuk kepentingan ekonomi oleh pihak tertentu. Kraton nanti tidak bisa apa-apa," ujar Eka.

Eka mencontohkan ruang Alun-Alun Utara tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan secara virtual seperti pameran virtual, lokasi pertandingan game ataupun event-event virtual. Sebab, menyewa lahan virtual harus menggunakan crypto currency.

Eka menjelaskan jika Alun-alun Utara sudah dijual secara virtual dan pembeli akan mendapat hak minted dari minting blockchain sehingga Kraton Jogja tidak bisa berbuat banyak. Bahkan Kraton juga harus membayar ketika akan memanfaatkan secara virtual.

BACA JUGA: Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM

Hendy Prasetyo, warga Bantul yang berdomisili di Kota Jogja juga mengatakan di situs Next Earth dan Earth 2 dengan fitur buy land muncul harga jual Alun-Alun Utara. Hal ini harus jadi perhatian karena kepemilikan barang atau lokasi secara virtual bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi sepihak.

Cucu Sri Sultan HB VIII, Gusti Kukuh Hestrianing mengaku kaget dengan penjualan secara virtual Alun-Alun Utara tersebut. “Pengelola aset Kraton harus bersikap. Meski virtual juga harus disikapi dengan cara virtual,” kata dia.

Sumber : Suara.com