Advertisement

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Terus Tingkatkan Kinerja di 2022

Yudhi Kusdiyanto
Jum'at, 07 Januari 2022 - 07:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Terus Tingkatkan Kinerja di 2022 Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Andry Indrady (kiri) bersama Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Yayan Indriana, di sela-sela Sosialisasi Aplikasi Pendataan Orang Asing (APOA) berbasis QR Code kepada 40 perusahaan dan pengelola hotel yang beroperasi di wilayah DIY, Kamis (10/6/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagai salah satu upaya mendukung kebijakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang meminta seluruh jajaran di kemeneterian ini untuk bekerja secara profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif (PASTI) sekaligus sebagai bentuk pelaksanaan UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta menyampaikan laporan capaian kinerja di tahun anggaran 2021.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komuniasi Keimigrasian (TIKIM) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Sri Mulyani dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Kamis (6/1/2022) menyatakan capaian kinerja di tahun anggaran 2021 merujuk pada tugas dan fungsi Imigrasi sesuai dengan UU No.6/2011 tentang Keimigrasian.

Dalam Pasal 1 angka 3 yaitu dinyatakan bahwa fungsi Keimigrasian adalah bagian dari urusan pemerintahan negara dalam memberikan pelayanan keimigrasian, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat,” kata Sri.

Untuk Seksi Lalu Lintas Keimigrasian (Pelayanan WNI), data perlintasan orang di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Udara Adisucipto dan Yogyakarta International Airport (YIA) selama 2021 tercatat sebanyak 333 orang. Sedangkan pada 2020 total penumpang yang melintas di Adisucipto sebanyak 72.149 orang, berdasarkan data tersebut didapat penurunan sebesar 99,5 % jumlah penumpang yang melintas pada 2021.

Hal ini terjadi karena ada upaya pemerintah untuk membatasi pergerakan manusia sebagai bentuk pencegahan persebaran Covid-19. Sepanjang 2021 tercatat ada tiga negara teratas yang melintas keluar dan masuk melalui TPI Adisucipto dan YIA, dan sebagian besar adalah awak alat angkut pesawat yang berasal dari Rusia, Ukraina dan Papua Nugini,” katanya.

Untuk penerbitan paspor, selama 2021 di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta yakni Unit Layanan Paspor (ULP) Lippo Plaza Jogja, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kulonprogo dan Unit Kerja Kantor (UKK) UGM ada sebanyak 9.761 paspor yang terdiri dari permohonan paspor baru sebanyak 3.490 paspor dan penggantian sebanyak 6.271 paspor.

Untuk Seksi izin Tinggal dan Status Keimigrasian atau pelayanan WNA, sepanjang 2021 kami melayani 2.444 permohonan izin tinggal kunjungan (ITK), Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap), Surat Keterangan Keimigrasian, Kewarganegaraan Ganda Terbatas, dan Izin Masuk Kembali,” Kata Sri.

Untuk Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, sepanjang 2021 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta mengawasi keimigrasian sebanyak 132 kali, tindakan keimigrasian sebanyak 54 kali. Untuk Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian terus menyebarkan informasi, penanganan pengaduan masyarakat dan pegelolaan arsip fisik subtantif keimigrasian melalui berbagai media cetak, elektronik, media sosial dan aplikasi,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement