Lansia di Sleman Diperbolehkan Memilih Jenis Vaksin Booster

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
12 Januari 2022 16:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Kickoff vaksinasi bagi kalangan lansia di Sleman untuk vaksin booster sudah dimulai sejak Rabu (12/1/2022). Sekitar 700 lansia dari berbagai kalurahan di Kapanewon Ngaglik sangat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga ini.

Rinta Nuryanto, 60, warga Plosokuning II Minomartani, Ngaglik mengatakan sebelum menerima vaksinasi dosis ketiga terlebih dulu diberi tawaran apakah menggunakan vaksinasi Astra Zaneca atau Pfizer. "Tadi diberikan pilihan, akhirnya memilih Pfizer. Lega sudah dapat booster, jadi merasa lebih aman (dari virus Covid-19)," katanya usai menerima vaksin booster di Kalurahan Sardonoharjo, Rabu (12/1/2022).

Dia menjelaskan, informasi terkait kegiatan vaksin booster tersebut diterima dari group RT yang menjelaskan kegiatan tersebut. Tanpa berfikir lama, ia dan suaminya pun mendaftar untuk menerima vaksin booster. "Simpel kok, tidak perlu daftar lagi seperti pemberian vaksin Covid-19 dosis pertama. Ini demi keamanan kita (lansia)," katanya.

BACA JUGA: Zaskia Mecca Takjub Lihat Pameran di Museum Sonobudoyo, Bikin Iri Aja!

Hal senada disampaikan Nuryanto, 65. Ia berharap kalangan lansia lainnya bisa memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan vaksin booster. Hal itu bertujuan untuk melindungi para lansia dari paparan Covid-19. "Ini pertama kali lansia diberi vaksin booster. Kalau ada kesempatan, langsung saja (ikut). Sebab kita tidak tahu ke depan kondisi (pandemi) seperti apa," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Cahya Purnama mengatakan pelaksanaan kick off vaksin booster bagi lansia tersebut sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan. "Awalnya target 600 lansia, tapi tadi [kemarin] pagi saja sudah ada sekitar 700 yang datang. Jadi antusiasme menerima booster ini sangat tinggi," katanya.