UAJY Raih Peringkat ke-6 Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Versi QS AUR 2022

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mendapat peringkat keenam perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) Asian University Rankings (AUR) 2022. - Ist
13 Januari 2022 11:27 WIB Media Digital Jogja Share :

SLEMAN-Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mendapat peringkat ke enam perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) Asian University Rankings (AUR) 2022. Pada tahun ini, kali pertama UAJY mengikuti QS AUR.

UAJY bersama Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Pelita Harapan, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Surabaya menempati peringkat 601-650 di Asia.

“Ini merupakan suatu hal yang membanggakan karena UAJY baru pertama kali ikut dan UAJY sudah termasuk perguruan tinggi yang baik dari pada perguruan tinggi yang pernah ikut sebelumnya”, ujar Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (13/1/2022).

Dilansir dari detik.com penentuan pemeringkatan QS AUR melalui berbagai metodologi seperti reputasi akademik 30%, reputasi lulusan 20%, rasio fakultas/mahasiswa 10%, jejaring penelitian internasional 10%, visitasi per karya ilmiah 10%, karya ilmiah per fakultas 5%, staf bergelar doktor 5%, proporsi fakultas internasional 2,5%, proporsi mahasiswa internasional 2,5%, proporsi pertukaran mahasiswa masuk 2,5 % dan proporsi pertukaran mahasiswa keluar 2,5%.

Baca juga: DIY Izinkan Kampus Gelar Kuliah Tatap Muka 100 Persen

“QS AUR juga melakukan survei kepada stakeholder khususnya akademisi dan industri. Apakah Atma Jaya termasuk universitas yang baik atau tidak menurut pandangan mereka. Oleh karena itu, citra merupakan salah satu kriteria penilaiannya”, jelas Wakil Rektor I UAJY, Sushardjanti Felasari, ST., M.Sc.CAED., Ph.D.

Capaian ini merupakan hasil kerja keras dari berbagai pihak. Berbagai usaha dilakukan oleh seluruh civitas academica UAJY seperti penelitian, pengabdian dan juga pengajaran. *