Ini Jadwal & Lokasi Vaksinasi Booster di Bantul

Vaksinasi di Puncak Sosok, Bantul, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Jumali
13 Januari 2022 10:27 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menjadwalkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster disuntikkan mulai pekan depan, lokasinya di rumah sakit dan puskesmas serta tempat lain yang mudah diakses.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan Pemkab Bantul telah menerima arahan pelaksanaan vaksinasi booster saat rapat secara telekonferensi dengan Pemerintah Pusat. "Sudah ada [arahan], kemarin kami mengikuti pertemuan jarak jauh dengan Menteri Kesehatan dan Menko Marves, [vaksinasi booster] itu sudah dimulai pekan depan," tutur Halim pada Rabu (12/1/2022).

BACA JUGA: Info Vaksin Jogja: Ini Lokasi & Jenis Pemberian Booster di DIY

Halim menjelaskan lansia akan menjadi salah satu sasaran prioritas karena manula rentan terpapar virus Corona sehingga membutuhkan vaksinasi booster.

"Manula itu yang paling rentan, itu menjadi prioritas," tandasnya.

BACA JUGA: Lansia di Sleman Diperbolehkan Memilih Jenis Vaksin Booster

Sejauh ini rancangan skema vaksinasi booster akan menerapkan sistemat yang biasamya dilakukan. "Seperti biasa, nanti selain di pusat-pusat layanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas, kami menyelenggarakan di tempat-tempat yang lebih mudah diakses," jelasnya.

"Tempat-tempat yang lebih mudah diakses misalnya di JEC, di Pasar Seni Gabusan, di balai-bakai desa, sekolahan. Biasalah soal itu [skema], yang penting booster itu bisa diikuti oleh masyarakat Bantul.”