Advertisement

Akreditasi Internasional Permudah Akses Alumni ke Berbagai Negara

Sunartono
Rabu, 19 Januari 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Akreditasi Internasional Permudah Akses Alumni ke Berbagai Negara Rektor UII Profesor Fathul Wahid. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Akreditasi internasional Perguruan Tinggi selain berfungsi untuk perbaikan sistem perkuliahan juga mempermudah akses alumni untuk berkarya di berbagai negara.

Dekan Fakultas MIPA UII Profesor Riyanto menjelaskan akreditasi internasional memberikan pengaruh positif terhadap reputasi perguruan tinggi. Predikat ini dapat mempermudah akses kerja sama hingga alumni di berbagai negara.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Dampaknya akreditasi ini sangat luas karena ada perbaikan di internal dan eksternal sehingga ada peningkatan kualitas pendidikan," kata Riyanto dalam rilisnya, Selasa (18/1/2022).

Di FMIPA UII terbaru ada lima prodi memperoleh akreditasi internasional Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN). Sebuah lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman yang memiliki displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian dan biologi. Lima prodi di antaranya Kimia, Statistika, Pendidikan Kimia, Farmasi S2 Kimia dan D3 Analisis Kimia.

Baca juga: Kampus UII Dibuka Penuh untuk Kuliah Tatap Muka Mulai Maret

"Dalam proses akreditasi ini kami ditanya proses praktikum dan ada banyak masukan seperti tingkat keamanan harus ditingkatkan, lalu kami perbaiki. Terpenting dengan akreditasi internasional ada standar setara dengan negara maju," ujarnya.

Rektor UII Profesor Fathul Wahid menyatakan sudah ada 18 prodi di UII yang mendapatkan akreditasi internasional. Prodi setiap periodenya harus melakukan perbaikan kualitas untuk dapat tetap mempertahankan akreditasi.

"Akan meningkatkan kualitas di banyak hal, mulai dari penelitian dosen, peluang mobilitas mahasiswa, kualitas pendidikan diharapkan lebih baik, animo publik juga makin membaik," katanya. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Oyo Hotels akan PHK 600 Karyawannya

News
| Senin, 05 Desember 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement