Advertisement

Diskominfo Kulonprogo Ajak Masyarakat Saring Berita Sebelum Sharing

Media Digital
Rabu, 26 Januari 2022 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Diskominfo Kulonprogo Ajak Masyarakat Saring Berita Sebelum Sharing Sosialisasi "Menangkal Berita Hoaks" dengan peserta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kulonprogo di Balai Kalurahan Banjarsari, Kapanewon Samigaluh, Selasa (25/1 - 2022),

Advertisement

Sekarang di mana-mana mayarakat memegang handphone (HP) dan memiliki media sosial. Di sana terdapat informasi yang positif, tetapi ada juga informasi yang menyesatkan atau palsu. Informasi sesat tersebut adalah dampak penggunaan internet yang masif. Oleh karena itu, masyarakat harus menyaring berita, sebelum mensharing atau menyebarluaskan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kulon Progo, Agung Kurniawan SIP MSi, saat membuka sosialisasi "Menangkal Berita Hoaks" dengan peserta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kulon Progo di Balai Kalurahan Banjarsari, Kapanewon Samigaluh, Selasa (25/1/2022), dengan narasumber Wakil Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (AMSI DIY), Agung Purwandono.

Pada kesempatan ini, Ketua Forum KIM Kabupaten Kulonprogo, Zazin Sulaiman dari KIM Tuksono Sentolo, mengatakan saat ini sudah terbentuk 37 KIM di Kulonprogo. Ia mengingatkan fungsi KIM sebagai terminal informasi dan jejaring komunikasi untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, maju dan sejahtera.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Lurah Banjasari, Muhyadi menyambut baik acara tersebut. "Diharapkan dengan adanya kegiatan ini KIM bisa menyebarluaskan informasi yang benar kepada masyarakat," harap Muhyadi.

Baca juga: Beda dengan Klithih, Begini Cara Bertarung Geng di Jogja Zaman Dahulu

Sementara itu, Agung Purwandono selaku narasumber menjelaskan, orang mudah termakan hoaks karena orang lebih cenderung percaya hoaks jika informasinya sesuai dengan opini atau sikap yang dimiliki.

“Misal seseorang memang sudah setuju terhadap kelompok tertentu, produk, atau kebijakan tertentu. Ketika ada informasi yang dapat mengafirmasi opini dan sikapnya tersebut, maka ia mudah percaya,” jelas Agung

Agung menambahkan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melawan hoaks di antaranya adalah mengecek alamat situs, memperhatikan detail visual, berhati-hati dengan website yang terdapat banyak iklan, membandingkan sejumlah ciri yang menjadi pakem khas jurnalistik di media mainstream, hati-hati dengan judul sensasional, serta mengecek penulis informasi tersebut.*

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Stok Darah di PMI DIY Hari Ini, Aman?

Jogjapolitan | 50 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement