Advertisement

Butuh Rumah Murah di Jogja, Rusunawa Bener Mulai Disewakan. Fasilitas Lengkap

Sirojul Khafid
Jum'at, 28 Januari 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Butuh Rumah Murah di Jogja, Rusunawa Bener Mulai Disewakan. Fasilitas Lengkap Suasana Rusunawa MBR Bener, Tegalrejo, Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJARumah susun sederhana sewa (Rusunawa) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Bener, Tegalrejo, Jogja mulai disewakan kepada masyarakat. Dari dua bangunan yang ada, salah satunya bangunan dengan kapasitas 44 kamar akan disewakan dengan harga murah atau relatif terjangkau.

Dua kamar di antaranya khusus untuk difabel. Sementara satu bangunan lainnya masih difungsikan sebagai shelter pasien Covid-19 sampai September mendatang.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) MBR Bener, Wisnu Windarto, saat ini sedang dalam proses pendaftaran. Dalam dua hari buka, sudah ada sekitar 80 orang yang mengambil formulir. Adapun syarat menjadi penghuni Rusunawa MBR Bener sudah berkeluarga, berpenghisilan Upah Minimum Regional, dan memiliki Nomor Induk Kependudukan Kota Jogja.

Harga sewa perbulan antara Rp500.000 sampai Rp600.000. Dalam sekali kontrak, durasinya tiga tahun. Perpanjangan kontrak hanya bisa satu kali, sehingga maksimal menghuni selama enam tahun. “Harapanya nanti sudah dapat tempat tinggal baru,” kata Wisnu, Jumat (28/1/2022). “Saat ini masih tahap seleksi.”

BACA JUGA: Covid-19 DIY Naik Dua Kali Lipat, Sultan: PTM di Sekolah Dipangkas 50 Persen

Proses pendaftaran dan seleksi akan berlangsung sekitar satu bulan. Sehingga sebelum peresmian dari kementerian, harapannya sudah ada penghuni. Pemanfaatan rusunawa yang dipercepat ini merupakan instruksi dari pusat.

Dibanding dua rusunawa yang ada di Kota Jogja seperti Rusunawa Grha Bina Harapan di Purwokinanti dan Rusunawa di Cokrodirjan, harga sewa di Rusunawa MBR Bener memang lebih tinggi. “Harga sewa di sini dan rusun lainnya beda, lebih tinggi. Rusun lama tipe kamarnya kecil dan tidak ada perabot sama sekali. Rusunawa di Bener lebih luas, tipe 36 dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Semua sudah lengkap fasilitasnya, kasur, lemari, kursi, tamu, dan lainnya,” kata Wisnu.

Apabila masyarakat merasa sewa di Bener terlalu tinggi, maka bisa meninjau rusunawa di Rusunawa Grha Bina Harapan dan Rusunawa Cokrodirjan yang masih menyisakan beberapa kamar kosong.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement