Advertisement

Mahasiswa UAD Gelar Lomba Olimpiade Qur'ani

Media Digital
Senin, 31 Januari 2022 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa UAD Gelar Lomba Olimpiade Qur'ani Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS/PAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan lomba Olimpiade Qur'ani

Advertisement

Yogyakarta, 29 Januari 2022 – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS-PAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan lomba Olimpiade Qur’ani yang ke 5 (Olimpiqu#5) tingkat nasional untuk Sekolah dan Madrasah Tingkat SMA/MA/SMK sederajat, mengambil tema:” Meningkatkan Semangat yang Tinggi dalam Mewujudkan Prestasi generasi Qur’ani yang Intelek”.

Pada Olimpiqu#5 ini memperebutkan juara 1,2 dan 3 dalam setiap cabang lombanya. Bahkan memperebutkan piala Gubernur DIY, piala Bupati Bantul, piala dekan FAI-UAD dan piala bergilir Rektor Universitas Ahmad Dahlan untuk Juara Umum, 1,2 dan 3.

Advertisement

Olimpiqu#5 tahun ini dilaksanakan secara virtual, sejak desember 2021,  hal itu mengingat situasi yang belum sepenuhnya normal. Namun demikian tidak mengurangi antusias yang tinggi para peserta yang mendaftar dari berbagai provinsi di Indonesia. Haryo Tetuko selaku Ketua Panitai Olimpiqu#5 menyampaikan, bahwa Kegiatan Olimpiqu#5 diikuti oleh 539 peserta yang tersebar di 5 cabang lomba, dengan kategori putra dan putri.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)=103 peserta, Musabaqah Makalah Qur’an (MMQ)=59 peserta, Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) =92 peserta, Musabaqaah Syarhil Quran (MSQ)= dan Da’I-Da’iyah=121 peserta.

Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H selaku wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni Universitas Ahmad Dahlan menyampaikan sambuatannya “Ketika kita ingin mendapatkan berkahnya al-qur’an, maka tidak ada lain atau tidak ada satu cara kecuali kita harus  mencintai al-Qur’an. Lomba olimpiade qur’an yang ke-5 ini, ini adalah salah satu bagian atau cara kita untuk mendapatkan berkahnya Al-qur’an.” Beliau juga berharap olimpiqu bisa diselenggarakan setiap tahunnya dengan harapan nantinya akan muncul generasi- generasi qur’ani dimasa yang akan datang.

Kegiatan penutupan Olimpiqu#5 diselenggarakan di Auditorium, Kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan, Sabtu 29 Januari 2022 secara blended. Juara Umum 1 diraih MAN 1 Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Juara Umum 2 MA Ali Maksum Krapyak DIY, dan Juara Umum 3 SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Jawa Tengah. Bapak Yazida Ihzan S.Pd.I. M.Pd., selaku Kaprodi PAI FAI UAD, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dari seluruh provinsi atas partisipasinya pada Olimpiqu#5 sebagai ajang penting dalam membumikan al Quran, serta ucapan selamat kepada para Juara atas raihannya, dan agar tetap tawadu. Kepada peserta yang belum meraih juara, agar tetap semangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement