Advertisement

Omicron Masuk Jogja, Sultan Minta Warga Hati-Hati

Sunartono
Kamis, 10 Februari 2022 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Omicron Masuk Jogja, Sultan Minta Warga Hati-Hati Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 73 kasus Covid-19 dari varian Omicron sudah ditemukan di Jogja (DIY). Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta kepada seluruh warga untuk lebih meningkatkan kehati-hatian. Berdasarkan hasil whole genome sequencing (WGS), ada 73 sampel yang dinyatakan positif Omicron dari total 83 sampel yang diperiksa.

Sri Sultan menjelaskan hasil 73 sampel positif Omicron merupakan hasil pemeriksaan dari dua laboratorium. Dari laboratorium UGM ada 39 sampel positif Omicron dan dari BBTKLPP ada 34 sampel positif Omicron.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Melonjak, Vaksinasi Anak Digencarkan

“Harapan saya warga masyarakat tetap bisa menerapkan prokes dengan benar dan pakai masker karena Omicron sudah ada di Jogja, hati-hati,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Kamis (10/2/2022).

Sultan menambahkan Pemda DIY telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran di kabupaten dan kota hingga level kalurahan untuk mengaktifkan kembali berbagai perangkat penanganan Covid-19. HB X meminta berbagai persiapan dilakukan meski pun Omicron diperkirakan dampaknya tidak separah Delta.

“Biar pun kita juga tahu secara faktual bedanya antara Delta, Beta, maupun Omicron. Gejalanya juga kita, lebih ringan tetapi penularan cepat. Harapan saya masyarakat Jogja lebih hati-hati untuk tetap menerapkan prokes, memakai masker jadi sesuatu yang penting,” katan Sultan.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie menambahkan 73 sampel yang positif Omicron tersebut berasal dari dua laboratorium UGM serta satu laboratorium BBTKLPP.

BACA JUGA: Pemda DIY Siapkan Sejumlah Opsi untuk Penanganan Jalur Mangunan, Ini Isinya

Dua lab UGM yang memeriksa 47 sampel menemukan 39 sampel positif Omicron, kemudian masih ditambah 8 varian Delta atau sebanyak 17% dari sampel yang diperiksa. Dari 39 yang positif tersebut, terdeteksi kode BA.1 sebanyak 32 sampel dan sisanya dengan kode BA.2 (jarang ada). Di BBTKLPP total ada 36 sampel yang diperiksa, hasilnya 34 positif Omicron kemudian satu sampel probable Omicron dan satu lagi tidak terdeteksi.

“Kami harap warga DIY harus waspada, karena masih ada Delta 17%,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahfud MD: Kasus Transaksi Rp189 Triliun Melibatkan Kemenkeu Belum Tuntas

News
| Kamis, 08 Juni 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Punya Nyali? Coba Kunjungi Destinasi Wisata Jembatan Kaca Terbesar di Dunia Ini

Wisata
| Kamis, 08 Juni 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement