Advertisement

PPKM Level 3, KRL Jogja-Solo Tetap Beroperasi, tapi...

Newswire
Minggu, 13 Februari 2022 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PPKM Level 3, KRL Jogja-Solo Tetap Beroperasi, tapi... KRL Jogja-Solo. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-KRL Jogja-Solo tetap beroperasi secara normal meski pemerintah memberlakukan PPKM Level 3 di DIY. Namun KAI meningkatkan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang lebih ketat kepada penumpang.

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan ada beberapa aturan yang wajib dipenuhi penumpang merujuk pada SE Kementerian Perhubungan dengan tujuan kesehatan seluruh pengguna KRL.

Sejumlah aturan protokol kesehatan yang wajib dipenuhi penumpang di antaranya menggunakan masker ganda (masker medis dilapis masker kain), atau menggunakan masker N95, KN95, atau KF94 yang tingkat filtrasinya cukup tinggi.

“Kami minta pengguna KRL mempersiapkan masker sesuai ketentuan sebelum masuk stasiun agar tidak dicegah saat masuk,” katanya dalam siaran pers yang diterima di Jogja, dikutip Harianjogja.com, Minggu (13/2/2022).

Ketentuan lain yang diberlakukan adalah mengecek status vaksinasi dari tiap calon penumpang yang bisa ditunjukkan melalui aplikasi PeduliLindungi. KAI Commuter juga mengimbau penumpang untuk tidak berbicara secara langsung atau melalui telepon selama berada di dalam KRL sebagai upaya mengurangi potensi penularan dari droplet.

Baca juga: KRL Jogja-Solo Tak Lama Lagi Menjangkau Karanganyar

Anak-anak berusia di bawah lima tahun hanya menggunakan KRL untuk keperluan mendesak dan anak di bawah 12 tahun harus didampingi orang tua.

“Lansia yang akan menggunakan KRL diarahkan untuk naik di luar jam sibuk. Misalnya pukul 10.00-14.00 WIB,” katanya.

Operasional KRL Yogyakarta-Solo tetap diberlakukan 20 perjalanan sehari dari pukul 05.00-18.30 WIB. Rata-rata volume penumpang harian sepanjang Februari tidak jauh berbeda dibanding Januari yaitu sekitar 9.000 penumpang. Jumlah penumpang saat PPKM Level 3 diberlakukan pada 8 Februari sempat turun menjadi 6.680 penumpang dan turun menjadi 6.478 penumpang pada 9 Februari.

“Pada jam-jam sibuk, pada pagi atau sore hari dimungkinkan akan dilakukan penyekatan antrean oleh petugas untuk pembatasan jumlah penumpang yang dapat naik kereta karena dimungkinkan terjadi kepadatan di kereta dan stasiun,” katanya.

Advertisement

Berita ini telah tayang di Okeczone dengan judul "Dear Traveler, KRL Yogyakarta-Solo Tetap Beroperasi Normal dan Prokes Ketat". 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemkot Magelang Berikan Proteksi Praktik Dokter

News
| Jum'at, 30 September 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement