Advertisement

Foto-Foto Jembatan Misterius di Jogja yang Tak Dilewati Kendaraan Selama 25 Tahun

Sunartono
Selasa, 22 Februari 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Foto-Foto Jembatan Misterius di Jogja yang Tak Dilewati Kendaraan Selama 25 Tahun Jembatan misterius yang menghubungkan Jogja dengan Bantul, Selasa (22/2/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jembatan misterius yang menghubungkan Kota Jogja dengan Bantul tak dilewati kendaraan selama 25 tahun dan dari foto-fotonya, jembatan tersebut terlihat masih kokoh.

Jembatan itu kemungkinan merupakan proyek mangkrak saat era Orde Baru.

Advertisement

BACA JUGA: Misterius! Jembatan Besar Membelah Jogja, Tak Pernah Dilewati Kendaraan Selama 25 Tahun

Bagian bawah jembatan ini menjadi objek vandalisme dengan beragam tulisan. Selain itu, kolong jembatan dimanfaatkan sebagai tempat berteduh masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Gajah Wong. Seiring dengan perkembangan waktu, di sekitar jembatan ini, terutama di sisi timur, telah berdiri sejumlah perumahan untuk warga menengah ke atas. Jembatan ini berjarak sekitar 0,5 kilometer dari Jembatan Gajah Wong di Muja Muju.

Jembatan ini terletak di dua wilayah. Sebelah barat jembatan adalah Desa Muja Muju, Umbulharjo, Kota Jogja. Adapun sisi timur adalah Sorowajan, Baru, Pedukuhan Sorowajan, Banguntapan, Bantul. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 8 meter. Seperti jembatan lainnya, jembatan ini dilengkapi dengan langkan kiri dan kanan, namun belum diaspal dan hanya sekadar dibeton.

BACA JUGA: Begini Perjuangan Nurul Atik dari Cleaning Service Hingga Punya 1.030 Cabang Rocket Chicken

Ujung barat jembatan dimanfaatkan untuk pembuangan sampah. Hanya sekitar tiga meter di antaranya tertera prasasti dengan tulisan Jembatan Gajah Wong II dibangun pada 1996/1997 silam.

Berikut foto-foto jembatan misterius penghubung Jogja dengan Bantul yang sudah berusia 25 tahun namun tak pernah dilewat kendaraan bermotor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement