Advertisement

Lorong Malioboro Tanpa PKL, Wisatawan Banyak di Depan Teras Malioboro

Sirojul Khafid
Senin, 28 Februari 2022 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Lorong Malioboro Tanpa PKL, Wisatawan Banyak di Depan Teras Malioboro Teras Malioboro 1, Jogja, Sabtu (19/2/2022) malam. - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wisatawan memadati kawasan Malioboro pada libur Panjang Isra’ Mi’raj kali ini.

BACA JUGA: Pengendara di Jalan Malioboro Ributkan Skuter yang Lawan Arah

Advertisement

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Kawasan Cagar Budaya Kota Jogja, Ekwanto, ada sekitar 2.000 pengunjung pada Sabtu (26/2/2022). Jumlah ini lebih sedikit dari biasanya lantaran kondisi hujan. Sementara pada Minggu (28/2) malam ada sekitar 2.500 sampai 3.000 pengunjung. Mayoritas pengunjung berada di depan Teras Malioboroo 1.

Ekwanto mengatakan sejak pedagang kali lima (PKL) pindah dari lorong toko, petugas keamanan lebih mudah dalam mengurai kerumunan. Hal ini memungkinkan lantaran kondisi jalur pedestrian yang menjadi lebih longgar.

“Berbeda ketika masih ada PKL, akses jalan kakinya sangat terbatas, petugas pun susah sekali manakala harus mengurai kerumunan yang luar biasa,” kata Ekwanto, Senin (28/2).

BACA JUGA: Puluhan Ribu Wisatawan Serbu Bantul saat Long Weekend

Para pengunjung juga terpantau mengunjungi Teras Malioboroo 1 dan 2. Ada yang sekadar jalan-jalan atau membeli barang-barang yang tersedia. Petugas mengimbau seluruh pengunjung Malioboro untuk scan barcode di aplikasi Peduli Lindungi yang berada di depan pintu Teras Malioboro 1 dan 2.

“Karena kadang-kadang kami pun harus memaksa, untuk memastikan [masyarakat yang masuk] sudah vaksin atau belum. Sejauh ini pengunjung hampir 100 persen sudah vaksin. Dan selama semingguan ke depan ini, di depan selter Covid-19 eks Hotel Mutiara juga difasilitasi tes PCR gratis oleh Pemda DIY. Silakan dimanfaatkan bagi masyarakat yang ingin tes PCR tersebut,” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Hujan Lebat Terjadi di 32 Provinsi Termasuk DIY

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement