Advertisement

Puluhan Ribu Wisatawan Serbu Bantul saat Long Weekend

Ujang Hasanudin
Senin, 28 Februari 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Puluhan Ribu Wisatawan Serbu Bantul saat Long Weekend Suasana Pantai Parangtritis di akhir pekan pada Minggu (21/11/2021) - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Puluhan ribu wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata di Bantul selama libur akhir pekan ini mulai dari 25-27 Februari 2022. Data kunjungan wisatawan ini meningkat dibanding liburan akhir pekan sebelumnya. Dinas Pariwisata Bantul menyebut peningkatan wisatawan akhir pekan ini karena long weekend atau libur panjang dalam rangka Isra Miraj.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi menjelaskan data kunjungan selama 25-27 Februari 2022 sebanyak 31.558 orang dengan pendapatan PAD sebesar Rp306.706.500. Dari jumlah tersebut sebagian besar berkunjung ke Parangtritis sebanyak 27.498 pengunjung. Sisanya berkunjung ke pantai wilayah Barat dari Samas, Pantai Baru, dan sekitarnya

Jumlah pengunjung ini mengalami peningkatan dibanding pekan sebelumnya, “Jumlah piknikers [pengunjung] naik sekitar 25 persen dibanding weekend yang lalu,” kata Purnomo Adi, saat dihubungi Senin (28/2/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Sementara jumlah pengunjung pada akhir pekan sebelumnya atau pada 18-20 Februari 2022 sebanyak 25.226 orang. Adapun data akumulasi selama satu pekan pada 21-27 Februari pengunjung sebanyak 44.017 orang dengan pendapatan PAD Rp427.685.750. Jumlah kunjungan sepekan ini juga mengalami peningkatan dibanding pekan sebelumnya sebanyak 35.394 orang dan pendapatan Rp343.575.500 pada 14-20 Februari 2022.

Baca juga: Long Weekend, Malioboro Banjir Pengunjung

Menurut Ipung-sapaan akrab Markus Purnomo Adi, peningkatan jumlah wisatawan pada pekan ini karena bertepatan dengan libur panjang Isra Miraj dan juga adanya momen Melasti sebagai rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1994.

“Kenaikan ini diperkirakan karena long weekend dan ada event upacara tradisi Melasti [di Pantai Parangkusumo],” ujar Ipung.

Dari pantauan lapangan wisatawan memadati pantai Parangtritis dan sekitarnya. Banyak rombongan bus-bus besar dan juga kendaraan berplat luar daerah yang memasuki kawasan pantai yang menjadi andalan di Bantul tersebut. Bahkan sejumlah titik di Jalan Parangtrtis terjadi kepadatan. Di pintu masuk Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis terlihat antrean mengular sampai melebihi jembatan Kretek.

Kepadatan juga terjadi di beberapa simpang empat seperti di simpang empat Bakulan, simpang empat Manding, dan simpang empat Tembi. Tidak hanya kawasan pantai yang dipadati wisatawan. Namun peningkatan jumlah wisatwan pada long weekend ini juga terjadi di kawasan wisata Dlingo dan sekitarnya.

Advertisement

Purwo Harsono, selaku ketua Koperasi Notowono atau wadah pengelola wisata Dlingo dan sekitarnya mengatakan jumlah pengunjung selama satu pekan terakhir ini sebanyak 17.910 orang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari sejumlah objek wisata seperti Gunung Pengger, Puncak Becici, Lintang Sewu, Pinus Asri, Pinussari, Seribu Batu dan Bukit Panguk. Padahal satu pekan sebelumnya wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata tersebut tercatat sebanyak 17.084.

“Dari sisi daya tarik wisata kita tidak ada perubahan signifikan tetap masih sama, tapi peningkatan kunjungan wisatawan ini mungkin karena termasuk libur panjang,” kata Purwo Harsono.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buron Tujuh Tahun, Pria Ini Tertangkap Saat Daftar Kerja di Kantor Polisi, Eh Gimana?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement