Advertisement

Long Weekend, Malioboro Banjir Pengunjung

Sirojul Khafid
Senin, 28 Februari 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Long Weekend, Malioboro Banjir Pengunjung Masyarakat sedang beraktivitas di kawasan Malioboro, Jogja, Minggu (27/2/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Masyarakat memadati area Malioboro di long weekend ini, khususnya Minggu (27/2/2022). Pengunjung sudah memadati Teras Malioboro 1, 2, dan juga jalur pedestrian sejak siang sampai malam hari. Beberapa pengunjung juga nampak bermain skuter di jalur pedestrian dan jalan raya.

Untuk mengantisipasi melonjaknya pengunjung, petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jogja berjaga di beberapa titik dan juga mobile. Mengingat kasus Covid-19 di Kota Jogja cukup tinggi, maka pengawasan semakin digencarkan, khususnya pada penggunaan aplikasi Peduli Lindungi di tempat publik.

Dalam lima hari terakhir, atau dari tanggal 23-27 Februari 2022 ada penambahan kasus Covid-19 di Kota Jogja secara berturut-turut 507, 660, 505, 707, dan 282 kasus. Sementara untuk kasus meninggal di tanggal yang sama secara berturut-turut yaitu 0, 1, 0, 0, dan 0 pasien. Adapun kasus aktif per 27 Februari sebesar 4.017.

Baca juga: Giri Berhasil Raih Sarjana UGM Meski Tunanetra

Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, penambahan kasus tiap harinya masih fluktuatif. Belum ada pola penurunan kasus. “Kadang penambahan kasus 500, terus naik lagi 600. Itu belum ada tren kecenderungan turun, masih kami belum tahu puncaknya kapan, tapi kami masih yakin dengan menjaga prokes bisa kami turunkan,” kata Heroe, Minggu (27/2/2022).

Terlebih di masa liburan seperti saat ini, penerapan prokes menjadi suatu keharusan. Di Kota Jogja, tingkat penularannya sepuluh kali lipat lebih tinggi. Bagi warga yang memiliki kekebalan bagus dan sehat, tidak banyak gejala yang muncul.

“Tapi yang kami khawatirkan adalah orang yang tidak bergejala tapi dia membawa virus dan berinteraksi dengan orang yang kemampuan tubuhnya tidak sekuat dia. Itu yang sebetulnya kami jaga,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja. “Mari kita jaga orang-orang yang kita sayangi, kita cintai, terutama yang lansia, anak-anak, yang belum vaksin, yang punya komorbid dan segala macam dengan membatasi mobilitas kita.”

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Airlangga Sampaikan Duka Mendalam

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement